Home Palu

Kuota Siswa Baru SMPN 6 Palu Belum Tercukupi

46
Arief. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020/2021 di SMPN 6 Palu dipastikan tidak dapat memenuhi kuota. Pasalnya, hingga jelang penutupan hari ini, jumlah calon peserta didik yang mengambil formulir baru sekitar 234 formulir. 

Sementara kouta yang disediakan di sekolah ini sekitar 288 orang, sesuai dengan  jumlah kelas yang disediakan, yakni sembilan kelas.

“Satu kelas dihitung ideal 32 peserta didik, itu masih kurang. Masih melenceng dari perkiraan kami. Namun kami akan terus mengevaluasi untuk bagaimana caranya memenuhi kuota tersebut,” kata Kepala SMPN 6 Palu, Arief, melalui ponselnya belum lama ini.

Ia juga mengatakan, untuk mengatasi hal itu, pihak sekolah dan kepanitiaan PPDB akan terus melakukan rekruitmen sesuai prosedur zonasi, prestasi, afirmasi, dan alasan pindah orangtua.

“Seperti yang kita ketahui, kuota zonasi sebanyak 50 persen, prestasi 35 persen, dan sisanya adalah afirmasi, dan alasan pindah kerja orangtua di sekitar wilayah kami. Kami akan lakukan fleksibel untuk pemenuhan kuota, namun tetap berpedoman pada aturan yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan juga Kemendikbud RI,” katanya.

Namun katanya, kondisi tersebut cukup dimaklumi, mengingat masih adanya pandemi di Kota Palu, hal itu sedikit banyaknya mempengaruhi tingkat partisipasi peserta didik.

“Masih cukup dimaklumi karena corona, pasti sedikit banyaknya orangtua akan menahan diri untuk keluar mencari informasi, apalagi informasi masih terbatas dari kami,” ucapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas