Home Sulteng

Baru 17 OPD Melapor Operator SP4N

37
Hasyim. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik Diskominfo Sulteng, Hasim, mengungkapkan dari 40 organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov, baru 17 OPD yang melaporkan nama-nama penanggung jawab dan operator SP4N aplikasi LAPOR.

“Kami sudah menyurat ke semua OPD agar mengupdate nama penanggung jawab dan operator aplikasi Lapor,” ungkap Hasim, Jumat, 3 Juli 2020.

SP4N merupakan Sistem Pelayanan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) melalui aplikasi LAPOR. Permintaan nama penanggung jawab dan operator menindaklanjuti hasil monitoring yang dilakukan oleh Kemenpan-RB RI pada akhir 2019.

“Hasil monitoring merekomendasikan kepada pengelola aplikasi LAPOR di provinsi dan kabupaten/kota melalui OPD Diskominfo dan Biro Organisasi untuk menindaklanjutinya,” jelas Hasim.

Hasil monitoring dimaksud yaitu perlunya pelatihan terhadap admin aplikasi LAPOR  di semua OPD. Kemudian perlunya sosialisasi kepada masyarakat agar dapat memahami tata cara pengaduan melalui aplikasi LAPOR.

Adapun tindak lanjutnya saat ini diantaranya sudah dilaksanakan rapat secara virtual  dengan semua admin dan penanggung jawab di OPD. Selain itu, semua OPD sudah disurati agar mengupdate nama penanggung jawab dan operator.

“Direncanakan, setelah nama-nama dari OPD diterima akan dibuatkan SK yg diteken oleh gubernur. Setelah itu akan dilakukan pelatihan terhadap seluruh operator masing-masing OPD,” ujar Hasim.

Dia menjelaskan aplikasi LAPOR merupakan sarana berbasis digital yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyampaikan aduan seputar pelayanan publik oleh pemerintah.

Aduan ini dilakukan melalui aplikasi dan SMS ke 1708 dengan prosedur yaitu masyarakat menyampaikan aduan melalui aplikasi LAPOR. Selanjutnya admin LAPOR di Kemenpan-RB akan meneruskan laporan ke admin yang ada di instansi pemerintah baik pusat maupun daerah.

Kemudian admin instansi pusat dan daerah selanjutnya meneruskan ke admin OPD. Admin OPD meneruskan ke pejabat penghubung di masing-masing OPD untuk ditindaklanjuti. Terakhir hasil tindaklanjut disampaikan melalui aplikasi.

“Perlu kami informasikan semua proses tersebut dilakukan melalui aplikasi LAPOR,” pungkas Hasim.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas