Home Sulteng

100 Ribu Blangko E-KTP Didistribusikan

60
ILUSTRASI - Blangko E-KTP. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulteng mendistribusikan 100 ribu keping blangko E-KTP ke kabupaten/kota di daerah ini. Kepala Disdukcapil Provinsi Sulteng, Abd Haris Yotolembah, mengungkapkan pendistribusian dilakukan mulai Senin, 29 Juni.

“Blangko tersebut kami jemput dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri di Jakarta,” ungkap Haris, Kamis, 2 Juli 2020.

Dia mengatakan tambahan blangko akan digunakan untuk mencetak E-KTP warga yang sudah melakukan perekaman/PRR (print ready record). Kebutuhan pencetakan PPR Disdukcapil kabupaten/kota se-Sulteng sekitar 75.000 keping.

Sisa blangko akan digunakan mengganti suket menjadi E-KTP demi kenyamanan warga untuk menyalurkan hak suara pada Pilkada serentak pada 9 Desember 2020. Dikatakan, secara regulasi, suket tetap bisa digunakan untuk keperluan pemilihan kepala daerah. Namun Disdukcapil se-Sulteng menarget semua warga yang memiliki hak pilih bisa menggunakan E-KTP.

“Kita sudah targetkan semua warga yang sudah bisa memilih harus pegang E-KTP,” ujar Haris.

Haris mengakui saat ini masih cukup banyak masyarakat yang masih memegang suket di kabupaten/kota. Data Disdukcapil Kota Palu, sepanjang tahun 2019 telah mengeluarkan suket sebanyak 18.847. Kepala Disdukcapil Kota Palu, Rosida Thalib, mengatakan, suket tersebut untuk memenuhi permintaan masyarakat terhadap E-KTP.

“Ribuan warga yang memiliki Suket itu merupakan warga yang E-KTPnya rusak, hilang, atau masyarakat yang baru menikah sehingga ada pergantian data, serta pindah,” kata Rosida di Palu, baru-baru ini.

Rosida mengatakan, Disdukcapil Palu juga sudah menargetkan semua warga memiliki E-KTP. Haris menambahkan Sulawesi Tengah masih memiliki jatah tambahan blangko sekitar 80.000 keping.

Haris juga berharap Disdukcapil kabupaten/kota bisa menuntaskan penggantian surat keterangan (suket) menjadi E-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik). Diketahui suket merupakan pengganti E-KTP yang diterbitkan Disdukcapil akibat keterbatasan blangko.

“Semoga tambahan blangko yang sudah didistribusikan bisa digunakan dengan sebaik-baiknya,” pungkas Haris.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas