Home Sulteng

Reward Bagi 10 Pengunjung Perpustakaan Terbaik

37
Asrianti dg. Bintang. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Duta Baca Provinsi Sulawesi Tengah, Asrianti, mengaku, ingin mewujudkan beberapa misi melalui beberapa program Gerakan Sulteng Membaca di 2020 ini. 

“Program yang pertama itu kita akan memberikan bantuan pinjaman buku kepada Taman Baca Masyarakat (TBM) yang ada di Sulteng. Kedua adalah Duta Baca Memilih, dimana pada program kedua ini kami akan menilai 10 pengunjung terbaik untuk diberikan reward uang tunai dan buku,” kata Asrianti, melalui ponselnya, Rabu, 1 Juli 2020.

Menurut Asrianti, pengunjung perpustakaan saat ini masih kurang, karena pandemi Covid-19 belum berakhir. Tentunya ada batasan-batasan jika ingin berkunjung ke perpustakaan.  

“Meskipun saat ini perpustakaan telah dibuka kembali, protokol kesehatan tetap diberlakukan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19,” ungkapnya.

Asrianti mengungkapkan, tim penilai 10 pengunjung terbaik itu adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan serta Duta Baca Sulteng.

“Pengumumannya akan disampaikan melalui media sosial perpustakaan atau Duta Baca Sulteng, reward buku yang akan diberikan sesuai dengan kebutuhan pembacanya, misalnya dari Pegawai Dinas Perkebunan tentunya buku yang diberikan tentang perkebunan, begitupun dari mahasiswa, artinya sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Kata Asrianti, penilaian pengunjung terbaik dimulai dari Januari hingga akhir 2020, untuk pemberian reward atau pengumuman sekitar November.

“Jadi penialainya bukan dilihat dari orang itu sering datang berkunjung,  nongkrong terus pergi, jadi ada beberapa hal yang menjadi patokan untuk menentukan penilaian. Tetapi ada penilaian-penilaian khusus dari Dispusarda Sulteng dan Duta Baca yang mengkategorikan orang tersebut adalah pengunjung terbaik,” ungkapnya.

Kata dia, pihaknya akan mendata terlebih dahulu para pengunjung untuk masuk dalam kategori 10 besar.

“Program ini bertujuan untuk mengubah pandangan masyarakat, bahwa yang berkunjung ke perpustakaan hanyalah para cendekiawan. Tidak hanya mahasiswa, bisa petani untuk meningkatkan pertaniannya, peternak, dan itu yang diharapkan,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas