Home Palu

CFD Ditunda Sampai Akhir 2020

44
I Made Sudita. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memutuskan menunda kelanjutan hari bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD) di Kota Palu.

Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dishub Provinsi Sulteng, Made Sudita, mengungkapkan CFD akan ditunda sampai akhir 2020. Dikatakan, salah satu pertimbangan yang mendasar yaitu arahan Gubernur Sulteng yang meminta agar mengurangi kegiatan yang bisa menimbulkan kerumunan.

“Selain itu, anggaran untuk petugas pengamanan CFD tidak ada lagi karena dipangkas untuk penanganan virus corona (Covid-19),” ucap Sudita.

Dia menjelaskan petugas pengamanan harus disiapkan makan dan minum yang membutuhkan kesiapan anggaran. Olehnya kelanjutan CFD akan diupayakan tahun mendatang apabila situasi dan kondisi sudah memungkinkan.

Sebelumnya, CFD rencananya dilaksanakan minimal dua kali dalam  sebulan dengan memilih hari libur. Rute CFD yaitu disebagian jalan Moh. Yamin Palu, tepatnya di kapsul depan rumah jabatan Gubernur Sirainindi hingga ke perempatan trafic light jalan Moh. Yamin, jalan Juanda, jalan Soekarno Hatta, dan jalan Veteran.

Pasca dilaunching, evaluasi dan pengkajian CFD telah dilakukan sejak akhir Desember 2019. Evaluasi dilakukan bersama Forum LLAJ Provinsi Sulteng dan pihak terkait mencari tahu manfaat CFD bagi masyarakat.

“Hasil evaluasi kami menyimpulkan secara umum CFD mendapat sambutan positif dari masyarakat,” ucap Sudita.

Adapun uji coba CFD di Jalan Moh. Yamin, Balaikota dan sekitaran lapangan Vatulemo telah dilaksanakan awal Desember 2019. Selama CFD, arus lalu lintas kendaraan bermotor dialihkan ke jalan alternatif terdekat agar tidak melalui rute hari bebas kendaraan bermotor. Uji coba CFD saat itu melibatkan sekitar 69 personel terdiri atas pihak Kepolisian dan petugas Dishub provinsi/kota. Ide CFD sendiri tercetus melalui rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Provinsi Sulteng pada 8 November 2019. Setelah uji coba, launching CFD digelar di jalur dua Jalan Moh. Yamin Palu, pada Minggu, 8 Desember 2019. CFD dilaunching Gubernur Sulteng melalui Kepala Dishub Provinsi Sulawesi Tengah, Sisliandy.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas