Home Parigi Moutong

BUMDes Lobu Mandiri Tangani Tagihan SPAM

67
TEKEN KERJA SAMA - Plh Kadis PUPRP Parimo Moh. Rivai bersama Pemerintah Desa Lobu Mandiri melakukan penandatanganan MoU, di Desa Lobu Mandiri, Selasa 1 Juli 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Zulfikar)

Parimo, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Parigi Moutong (Parimo) mengapresiasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lobu Mandiri Kecamatan Parigi Barat.

BUMDes Lobu Mandiri ini merupakan BUMDes pertama di Parimo yang melakukan kerja sama dengan Dinas PUPRP Parimo dalam penagihan Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Lobu Mandiri. 

“Perencanaan soal kerja sama atau MoU dengan BUMDes ini sudah lama kami rencanakan, dan alhamdulillah di tahun ini rencana kami itu tercapai, seperti yang saat ini kami bekerja sama dengan BUMDes Lobu Mandiri dalam hal kerjasama soal penagihan SPAM. Kerja sama dengan BUMDes ini baru BUMDes Lobu Mandiri inilah yang merupakan Desa pertama kali di Parigi Moutong melakukan kerjasama dengan Dinas PUPRP,” kata Moh. Rivai, Plh Kadis PUPRP Parimo usai penandatanganan kontrak kerja sama dengan BUMDes Lobu Mandiri, di kantor Desa Lobu Mandiri, Selasa 1 Juli 2020.

Menurut Rivai, bahwa sebelumnya pihaknya berencana melakukan kerja sama dengan BUMDes Desa Tolai Kecamatan Torue, akan tetapi Ketua BUMDes Lobu Mandiri sudah datang terlebih dahulu datang dan meminta agar dalam kerja sama dalam menangani tagihan SPAM itu dilakukan di Desa Lobu Mandiri.

Rivai mengatakan, kerja sama ini dimulai Juli 2020. BUMDes Lobu Mandiri sudah boleh melakukan pencatatan meteran pelanggan SPAM yang ada di Desa Lobu Mandiri, karena penagihan SPAM akan dimulai pada Agustus mendatang.

“Pada tiga bulan kemarin yakni bulan April hingga Juni itu tagihan SPAM digratiskan, sesuai dengan instruksi Bupati. dan Mulai bulan Juli ini tagihan SPAM mulai normal, sehingga BUMDes Lobu Mandiri mulai bulan ini sudah mencatat meteran SPAM yang ada di rumah – rumah warga yang menjadi pelanggan SPAM,” jelasnya.

Rivai menambahkan, bahwa kerja sama pihaknya dengan BUMDes Lobu Mandiri dalam penagihan SPAM ini sampai Desember 2020 mendatang. Kemudian jika kerjasama ini lebih bagus, maka akan terus berlanjut.

“Tujuan kami melakukan kerja sama ini agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya di Penagihan SPAM ini tercapai, dan saya yakin dengan melakukan kerja sama seperti ini PAD kita khususnya di SPAM akan tercapai,” pungkasnya.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas