Home Donggala

Petugas Pemotong Hewan Kurban Gunakan APD

48
Anhar S. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Peternakan Donggala mensterilkan rumah potong hewan (RPH) guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Inysa Allah hewan ternak yang akan kita kurbankan aman, kita hanya punya satu RPH yakni di Kelurahan Maleni Kecamatan Banawa. Kami akan lakukan sterilisasi RPH dengan protocol Covid-19,” kata Anhar di ruang kerjanya, Selasa (26/6/2020).

Dijelaskannya sebelum pemotongan hewan ternak, petugas terlebih dahulu memeriksa kondsi fisik hewan ternak itu memastikan layak atau tidaknya hewan itu disembelih dan petugas yang melakukan tugas pun dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD).

“Hewan ternak tidak dirapid, hanya memeriksa kondisi fisik hewan saja. Petugas kami saja yang menggunakan alat pelindung diri dalam melakukan pemotongan dan penjualan,” sebutnya.

Ia menambahkan saat ini stok ternak sebanayak 40 ribu, dan yang paling potensi untuk dikembangkan adalah sapi donggala.

“Kita tidak akan kekurangan daging stok kita banyak, dan sapi donggala sangat potensial untuk dikembangkan, karena kualitasnya sudah diakui dagingnya lembek dan bisa hidup dimana saja cepat beradpatasi dengan lingkungan, untuk kandang sapi donggala di Desa Labuan Panimba Kecamatan Labuan,” tuturnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas