Home Ekonomi

Manfaatkan Kembali Limbah Pabrik dengan 4R

122
BERI ARAHAN - Kepala Teknik Tambang PT. CPM, Abdul Haris Yusuf menyampaikan arahan terkait lingkungan kepada tiga pemenang lomba pengolahan sampah yang digelar oleh CPM dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia. (Foto: Istimewa)
  • PT CPM Kelola Tambang Mengutamakan K3L

Palu, Metrosulawesi.id – PT Citra Palu Minerals (CPM) sebagai pemilik kontrak karya pertambangan emas di Kelurahan Poboya, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, berkomitmen dalam melakukan aktivitas pertambangan dengan aman, baik dari segi Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L).

Kepala Teknik Tambang PT. Citra Palu Minerals (CPM), Abdul Haris Yusuf mengatakan dalam pengoperasiannya, CPM menargetkan zero accident dan zero excessive. Dimana Limbah yang dihasilkan pabrik, baik itu limbah padat maupun cair dapat dimanfaatkan kembali.

“Untuk memanfaatkan kembali limbah yang ada di kawasan pabrik, kami menerapkan system 4R yaitu reduce, reuse dan recycle serta recovery. Sehingga limbah yang dihasilkan dapat dimanfaatkan kembali tanpa membebani lingkungan,” kata Haris dalam siaran persnya yang diterima Metrosulawesi, Ahad 28 Juni 2020.

Haris menjelaskan ketika berproduksi, pabrik dapat menghasilkan limbah padat dan cair. Untuk limbah cair itu dapat diolah dan kemudian dimanfaatkan kembali untuk pengolahan pabrik. Sementara untuk limbah padat rencananya akan diolah kembali menjadi material bangunan seperti batako dan batubata atau bataringan.

Haris juga mengatakan CPM juga telah melakukan recovery kembali material eks PETI (Pertambangan Tanpa Izin) yang masih mengandung sumber daya yang ada di kawasan kontrak karya CPM sekaligus sebagai upaya konservasi sumberdaya alam.

“Saat ini di kawasan CPM masih ada material eks PETI yang jika tidak diolah sangat berbahaya bagi lingkungan karena mengandung bahan kimia. Sehingga material eks PETI kami olah kembali untuk konservasi. Itu semua adalah bukti tanggung jawab kami terhadap lingkungan,” jelasnya.

Ia juga mengatakan budaya peduli lingkungan tidak hanya pada kegiatan operasional saja namun juga diterapkan kepada masing-masing karyawan. Bahkan para karyawan diberikan sosialisasi tentang dampak pencemaran lingkungan maupun diajarkan cara pengelohan sampah yang menjadi barang bernilai.

“Kami berharap para karyawan itu menjadi agen perubahan sadar lingkungan baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar,” ucapnya.

Sementara itu momentum Hari Lingkungan Lingkungan Hidup Sedunia saat ini, PT. CPM melakukan sejumlah kegiatan mulai dari tanam pohon hingga lomba daur ulang sampah menjadi barang berharga.

Sejumlah pemenang lomba diberikan penghargaan oleh Kepala Teknik Tambang CPM, Abdul Haris Yusuf. Dalam lomba daur ulang sampah ini, juara satu diraih oleh Departemen Mechanical dengan pemanfaatan kembali besi bekas menjadi alat pencuci tangan. Sementara peringkat kedua dan ketiga diraih oleh Departemen Electrical dengan memanfaatkan kembali potongan besi menjadi asbak rokok dan lampu belajar kotak ATK. (*)

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas