Home Inspirasi

Ayus Lestari, Gadis Belia Nahkodai KM Sejahtera Abadi

234
Ayu Lestari, Nahkoda KM Sejahtera Abadi. (Foto: Metrosulawesi/ Acco Amir)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Kapal Motor (KM) Sejahtera  Abadi adalah  sebuah kapal cargo (kapal barang) yang mengangkut berbagai jenis barang campuran tak henti hentinya berlayar guna memenuhi pesanan dari konsumen di berbagai daerah. Namun tak ada  yang menyangka jika  kapal tersebut ternyata dinakhodai  seorang gadis yang berumur terbilang masih muda.

Ayu Lestari (26) perempuan kelahiran  Palopo, Kabupaten Belopa, Sulawesi Selatan,  saat  ditemui di dermaga pelabuhan Dedek, KabupatenTolitoli, mengaku jika saat ini perusahaan tempat dia bekerja  menunjuk dirinya menjadi kapten kapal tersebut.

Dituturkan Ayu,  KM Sejahtera Abadi yang dinakhodai  sudah hampir setahun lamanya, dan telah  berkeliling ke berbagai wilayah di Tanah Air..

“Kapal ini  bertolak dari Kabupaten Pangkep,  membawa barang berupa semen seberat seribu ton  dan akan melakukan bongkar muat di Pelabuhan Dedek,” tutur Ayu.   

Diungkapkan Ayu,  menceritakan kisahnya dari awal hingga sampai pada akhirnya di percaya oleh pemilik kapal menjadi seorang nahkoda kapal. Selepas lulus dari SMK Jurusan Pelayaran dirinya mencoba memberanikan diri mengikuti tes pendidikan di Barombong Sulawesi Selatan.

Berkat dorongan motivasi dari keluarga serta tekat yang kuat hingga pada akhirnya dirinya dinyatakan lulus dan menerima sertifikat pelayaran. Berbekal sertifikat pelayaran yang dimiliki  kemudian mendaftar pekerjaan pada sebuah perusahaan pelayaran.

Awalnya, urai Ayu,  pertama kali bekerja  di kapal   sebagai  seorang Anak Buah Kapal (ABK). Seiring waktu berjalan, berkat ketekunan dan skil kemampuan yang dimiliki akhirnya pihak perusahaan langsung menunjuknya menakhodai kapal tersebut sampai saat ini.

Kapal yang di nahkodai saat ini, Ayu  tidak hanya satu-satunya seorang perempuan bekerja di kapal. Di atas  KM Sejahtera Abadi, masih terdapat dua perempuan yang bekerja, yakni Reza Umami, selaku Mualim Dua, dan Ianang selaku Kadeg kapal, selebihnya 15 ABK adalah laki-laki.

Bagi Ayu Lestari  selama dirinya bekerja di atas kapal, persoalan  job atau posisi kedudukan tempat bekerja adalah hal yang biasa. Setiap orang bisa memiliki kesempatan yang sama, namun baginya hal yang terpenting adalah  bagaimana dapat  menjalankan tugas dan kewajiban dengan sebaik mungkin.

Saat ini kapal dengan ukuran panjang 60 meter dan bobot muatan 1000 ton semen, dan bahan lainnya sedang melakukan aktifitas bongkar muat di pelabuhan. Usai bongkar muat, Ayu Lestari akan menahkodai KM Sejahtera Abadi ke pelabuhan lain.  (*)

Reporter: Aco Amir

Ayo tulis komentar cerdas