Home Parigi Moutong

Masyarakat Pelawa Baru Tuntut Kadesnya Dicopot

132
Perwakilan warga Desa Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah, menemui Ketua DPRD Parimo, Sayutin Budianto, di Ruang pertemuan DPRD Parimo, Kamis (26/06/2020). (Foto: Metrosulawesi/ Zulfikar)

Parimo, Metrosulawesi,id – Warga Desa Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) mendatangi Kantor DPRD Parigi, Kamis (25/06/2020). Kedatangan warga ke dewan menuntut kepala desanya diberhentikan.

Mahlil yang merupakan perwakilan masyarakat Desa Pelawa Baru, mengungkapkan, ada enam tuntutan masyarakat yang mendasari agar Kepala Desa Pelawa Baru, Mahmud S Lamalanto, dicopot dari jabatannya.

Enam tuntutan itu diantaranya, pemberhentian aparat desa, baik Kaur dan Kepala Dusun tanpa melalui proses koordinasi dengan camat, sebagaimana yang diamanatkan dalam Permendagri nomor 85 tahun 2015 yang diubah menjadi Permendagri Nomor 67 tahun 2017.

Dalam penetapan BLT-DD dan Bansos yang kontra versi dan tidak dimusyawarahkan dengan masyarakat, sehingga masyarakat menggelar aksi demo. Bahkan, istri kades juga disoroti lantaran yanag bersangkutan tidak mengakui sebagai keluarga masyarakat Desa Pelawa Baru.

“Tuntutan kami warga Desa pelawa Baru, dapat disimpulkan  Kades  Pelawa Baru tidak cakap dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembinaan kepada masyarakatnya, dan memiliki arogansi dalam menjalankan roda pemerintahan dan kemasyarakatan,’’ tukas Mahlil.

Olehnya itu, lanjut Mahlil, warga Desa Pelawa Baru meminta kepada DPRD Parimo untuk rekomendasi kepada pihak eksekutif, dalam hal ini bupati untuk segera memberhentikan Kades  Pelawa Baru.

Menanggapi tuntutan warga Desa Pelawa Baru, Ketua  DPRD Parimo, Sayutin Budianto,  mengatakan, dengan adanya laporan dan data yang diserahkan,  maka pihaknya selaku DPRD Parimo segera mengeluarkan rekomendasi untuk dikirim ke pihak eksekutif, dalam hal ini Bupati Parimo.

Dari laporan dan data yang disampaikan warga Desa Pelawa Baru, Sayutin menilai memenuhi syarat untuk segera ditindaklanjuti ke pihak eksekutif, agar yang bersangkutan segera diproses.

“Jumat (hari ini, 26/06/2020),  di  DPRD Parimo  akan rapat  dengan teman – teman Komisi I, mengenai keluhan dan tuntutan masyarakat Desa Pelawa Baru ini,’’ jelas Sayutin sembari mengungkapkan pihaknya juga menerima laporan serupa.

 Perwakilan warga Desa Pelawa Baru, diterima Ketua DPRD Parimo, Sayutin Budianto yang didamping Wakil Ketua I DPRD Parimo Faisan, Ketua Komisi I DPRD Parimo, Sukiman Tahir. HAdir pula  Camat Parigi Tengah dan Pihak Kepolisian Polres Parimo. (*)

Reporter: Zulfikar

Ayo tulis komentar cerdas