Home Banggai Kepulauan

Kapolres Bangkep Bangun Komitmen Dengan Pers

76
Kapolres Bangkep AKBP Reja A Simanjuntak, bersama sejumlah insan pers di Kabupaten Bangkep. (Foto: Ist)

Bangkep, Metrosulawesi.id – Untuk meningkatkan sinergitas kemitraan antara kepolisian dan insan pers, Kapolres Banggai Kepulauan (Bangkep) AKBP Reja A. Simanjuntak, mengundang seluruh wartawan yang ada di Bangkep dalam gelaran silaturahmi. Pertemuan yang dikemas secara santai dan ramah digelar di Kantin belakang Polres Bangkep, Selasa (23/06/2020).

Dalam pertemuan itu, Reja, mengajak seluruh wartawan di Bangkep untuk berkomitmen meningkatkan hubungan kemitraan antara  kepolisian dan pers. Hal itu bertujuan untuk memelihara dan menjaga agar kamtibmas tetap kondusif, khususnya di wilayah hukum Polres Bangkep.

“Mari sama-sama kita perkuat sinergitas antar kepolisian dan pers, utamanya dalam rangka menjaga kondusifitas di tengah kehidupan masyarakat,’’ ajak kapolres.

Apalagi saat ini, kata Reja,  Provinsi Sulawesi Tengah  diperhadapkan dengan momentum pemilihan kepala daerah yang bertepatan dengan wabah Covid-19. Dalam situasi seperti ini, fungsi edukasi pers sangat dibutuhkan dalam meminimalisir resiko yang tidak diinginkan bersama.

“Setidaknya ada dua potensi resiko yang akan kita hadapi dalam momentum Pilkada snanti,  yaitu potensi penyimpangan dalam tahapan pilkada dan juga potensi penularan wabah Covid-19,’’ kata Reja di depan sejumlah awak media.

Olehnya itu, mantan Komandan Batalyon di Satuan Brimob Polda Gorontalo ini,  pihaknya sangat membutuhkan peran maksimal pers untuk saling mendukung bukan hanya sebatas pada momentum Pilkada, melainkan sampai kapan pun.

“Terkait pemberitaan,  harapan saya kepada rekan-rekan wartawan agar tetap objektif dan berimbang dalam menyajikan berita. Tetap  konfirmasi, jika nanti ada oknum yang terlibat dalam berita itu, sehingga ketika dikomplain, bisa dipertanggungjawabkan” pinta Reja.

Lebih jauh Reja menuturkan, agar hubungan kemitraan kedua lembaga tersebut tidak hanya terjadi dalam situasi formal. Tapi juga bisa dijalin dalam kegiatan-kegiatan nonformal, seperti olahraga, permainan, dan yang lainya.

“Akrab dengan teman-teman wartawan begini bukan nanti di Bangkep, di sejumlah daerah dimana saya pernah ditugaskan dalam berbagai jabatan, misalnya di Jawa, Kalimantan, dan Gorontalo, saya juga aktif dan terbuka dengan teman-teman pers. Sampai sekarang saya masih sering komunikasi dengan mereka,’’ ungkap Reja.  

Sementara itu dari pihak wartawan merasa sangat berterima kasih kepada kapolres yang telah meluangkan waktunya untuk bertatap muka. Sejumlah wartawan yang hadir dalam pertemuan itu, mengaku sangat mengapresiasi keterbukaan Kapolres Bangkep terhadap rekan-rekan pers. (*)

Reporter: Rifan Touk

Ayo tulis komentar cerdas