Home Sigi

Pemda Sigi ‘Lelang Jabatan’ Eselon III dan IV

82
Kepala BKPSDMD Sigi Selvy (kanan) didampingi Kabag Humas Setda Sigi, Aryanto saat jumpa pers di Kantor Bupati Sigi, Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Senin (22/06/2020). (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten Sigi melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) membuka seleksi jabatan untuk mengisi kekosongan eselon III dan IV.

Kepastian dibukanya ‘lelang jabatan’ di lingkungan Pemda Sigi, disampaikan Kepala BKPSDMD, Selvy saat jumpa pers di Kantor Bupati, Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Senin (22/06/2020).

Kepala BKPSDMD Sigi, Selvy, mengatakan seleksi tersebut merujuk Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) nomor 16 tahun 2012, tentang tata cara pengisian jabatan struktural yang lowong secara terbuka di instansi pemerintah.

Dikataknnya,  seleksi jabatan eselon III dan IV untuk memenuhi sistem merit atau kebijakan dan management Aparatur Sipil Negara (ASN), berdasarkan pada kualifikasi kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar tanpa membedakan faktor politik ras dan agama, sekalipun kecacatan fisik.

“Jadi ini tidak ada keterkaitan dengan politik karena kami melaksanakan pemenuhan management sistem merit,” jelas Selvy.

Ditambahkan Selvy,  hasil seleksi akan disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, untuk melakukan pelantikan. Apabila tidak disetujui, menunggu bupati defenitif tahun depan.

“Siapa saja yang terpilih menjadi bupati tahun depan, seleksi kami nanti tetap akan dipakai. Jadi kita juga mengikuti aturan pilkada, enam bulan sebelum penetapan dilarang untuk melantik. Catatannya, boleh yang kosong dan atas izin Kemendagri. Kita tidak berani juga kalau tidak ada izin,” tegasnya. (*)

Reporter: Ariston Aporema Sorisi

Ayo tulis komentar cerdas