Home Parigi Moutong

DPRD Parimo Soroti Pelantikan Esolan II

112
Ketua DPRD Parimo, Sayutin Budianto, S.Sos. (Foto: Metrosulawesi/ Zulfikar)

Parimo, Metrosulawesi.id – Pelantikan empat pejabat eselon II di jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten  Parigi Moutong (Parimo), Senin (22/06/2020), menuai sorotan. Ketua DPRD Parimo, Sayutin Budianto, menilai pelatikan yang dilakukan Bupati Parimo tidak sesuai dengan prosedur dan melanggar Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepada sejumlah awak media, Sayutin, menuturkan,  seharusnya kepala daerah dalam hal ini Bupati Parimo, menyurat dan bermohon  kepada Komisi ASN untuk melakukan rotasi atau melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, agar diketahui. Selain itu, dibuka lelang jabatan dan uji kompetensi terhadap pejabat yang akan mengisi jabatan yang akan ditempati.

‘’Tapi yang kemarin itu kan,  tidak terjadi. Komisi ASN tidak mengetahui adanya pelantikan pejabat esolon II di lingkungan Pemda Parimo,’’ ujar Sayutin, Selasa (23/-06/2020).

Dikatakan Sayutin, seharusnya Pemerintah Daerah wajib bermohon kepada Komisi ASN terkait dengan pelantikan dan rotasi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama. Ada mekanisme dalam melantik seorang pejabat, misalnya Baperjakat yang mengatur mekanisme pelatikan dan rotasi pejabat.

‘’Artinya pelantikan dan rotasi yang dilakukan Bupati Parimo ada indikasi tendensius. Bukan begini model roda pemerintahan. Melantik pejabat baru maupun rotasi pejabat di eselon dua  diatur Baperjakat yang kemudian disusun sesuai dengan kriteria yang dimiliki pejabat yang dirotasi atau dimutasi.  Tapi yang terjadi kemarin itu tidak ada,” tegas Sayutin.

Olehnya itu, lanjut Sayutin,  pihaknya  melalui Komisi I DPRD Parimo untuk segera mengundang pihak BKD dan Baperzakat. Bahkan, dirinya selaku Ketua DPRD akan hadir dalam rapat tersebut.

‘’DPRD Parimo akan mengeluarkan rekomendasi untuk Komisi ASN  untuk segera menindaklanjuti rotasi tersebut, sekaligus memberikan surat resmi kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Parimo, apakah Rotasi yang dilakukannya itu sesuai Prosedur atau tidak,” urai Sayutin.

Sekadar diketahui empat Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik Bupati Parimo, H. Syamsurizal Tombolotutu, adalah dr Agus Suryono Hadi sebagai Kepala Dinas Kesehatan sebelumnya menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Selanjutnya, dr Revy Tilaar jabatan baru Asisten Perekonomian dan Pembangunan sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kesehatan.

Kemudian, Nelson Metubun jabatan baru Kepala Dinas Ketahanan Pangan jabatan sebelumnya Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP). Sementara  Hadi Safwan jabatan baru Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan sebelumnya menjabat Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Parigi Moutong.(*)

Reporter: Zulfikar

Ayo tulis komentar cerdas