Home Sulteng

Tambahan Blangko E-KTP 180.000 Keping

55
Abd Haris Yotolembah. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulteng, Abd Haris Yotolembah, bergerak cepat memenuhi permintaan tambahan blangko E-KTP untuk kabupaten/kota se Sulawesi Tengah.

Haris menjelaskan komunikasi terkahir dengan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Sulteng diberi jatah tambahan blangko E-KTP mencapai 180.000 keping. Jatah blangko tersebut sesuai perimantaan yang diajukan Haris kepada Dirjen.

“Alhamdulillah, pak Dirjen sudah menyanggupi akan memberikan tambahan blangko E-KTP untuk Sulteng,” ujar Haris, Jumat, 19 Juni 2020.

Dia mengatakan blangko tersebut kini berada di Jakarta, tinggal menunggu kesiapan Disdukcapil untuk proses pengiriman. Namun untuk pengiriman menemui hambatan akibat keterbatasan anggaran. Biaya pengiriman blangko tersebut yang diperkirakan mencapai berat satu ton sekitar Rp60 juta.

“Ini yang akan kita bicarakan dengan kabupaten/kota agar biaya pengiriman ditanggulangi bersama,” ucap Haris.

Tambahan blangko nantinya akan digunakan untuk mencetak E-KTP warga yang sudah melakukan perekaman/PRR (print ready record). Kebutuhan pencetakan PPR Disdukcapil kabupaten/kota se-Sulteng sekitar 75.000 keping. Sisa blangko akan digunakan mengganti suket menjadi E-KTP demi kenyamanan warga untuk menyalurkan hak suara pada Pilkada serentak 9 Desember 2020.

Dikatakan, secara regulasi, suket tetap bisa digunakan untuk keperluan pemilihan kepala daerah. Namun Disdukcapil se-Sulteng menarget semua warga yang memiliki hak pilih bisa menggunakan E-KTP.

“Kita sudah targetkan semua warga yang sudah bisa memilih harus pegang E-KTP,” ujar Haris. Saat ini, stok blagnko E-KTP yang tersedia di Disdukcapil kabupaten/kota mulai menipis.

“Kalau stok di kantor kami (Disdukcapil Provinsi) tinggal 2.000 keping. Stok itu disiapkan untuk keperluan yang bersifat mendesak,” pungkas Haris.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas