Home Sulteng

Akan Digelar Bimtek Aplikasi LAPOR

57
Faridah Lamarauna. (Foto: Dok)
  • Faridah Ikuti Rakor Virtual Pengelolaan Pengaduan dan Informasi Publik

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (KIPS) Provinsi Sulteng, Faridah Lamarauna, mengikuti Rapat Koordinasi Pengelola Pengaduan dan Informasi Publik di Lingkungan Pemerintah Daerah secara virtual, Kamis, 18 Juni pagi.

Rakor tersebut dilaksanakan oleh Pusat Penerangan Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri. Narasumber meliputi Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA, Ketua Komisi Informasi Publik, Gede Narayana, M.Si, Plt. Dirjen Politik dan Pemerintah Umum/Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Dr. Drs. Bahtiar, M.Si.

Faridah mengatakan kesimpulan rakor yaitu Kemendagri mengharapkan agar PPID K/L/D dapat meningkatkan layanan informasi publik kepada masyarakat. Dalam peningkatan PPID akan dilakukan perubahan Permendagri No 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah;

“Deputi Bidang Pelayanan Publik Menpan RB RI menyampaikan harapan agar hasil monitoring yang dilakukan oleh Kementerian PAN RB RI dapat ditindaklanjuti dengan perbaikan SK Tim, peningkatan kemampuan admin dan peningkatan kualitas tindak lanjut laporan,” ujar Faridah.

Terakit hal tersebut, Faridah menegaskan bahwa Diskominfo Provinsi Sulteng bersama-sama dengan Biro Organisasi dan Inspektorat Provinsi telah menindaklanjuti hasil monitoring dimaksud dengan melaksanakan rapat virtual. Rapat virtual diikuti oleh pejabat Administrator masing-masing perangkat daerah.

Adapun rencana aksi dari rapat tersebut melakukan pembaharuan terhadap SK Tim yang sudah ada, dengan pertimbangan terdapat beberapa penanggung jawab dan operator yang mutasi atau pindah unit kerja sehingga SK perlu penyesuaian.

Melakukan bimbingan teknis (bimtek) terhadap para admin atau operator OPD. Perlunya melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk memperkenalkan aplikasi LAPOR! dan tata cara menyampaikan aduan melalui aplikasi.

Perlunya workshop tahunan yang mempertemukan seluruh penanggung jawab dan admin LAPOR!  disemua Perangkat Daerah untuk evaluasi kegiatan SP4N pada tahun berjalan. Dari empat rencana aksi tersebut, yang sekarang sedang berjalan adalah permintaan nama-nama penanggung jawab dan operator ke masing-masing perangkat daerah.

“Setelah itu, akan ditindaklnjuti secepatnya dengan bimtek aplikasi LAPOR!, sehingga dapat meningkatkan tindaklanjut verifikasi aduan yang disampaikan masyarakat melalui aplikasi. Kita berharap peringkat pengelolaan aduan layanan publik di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah tahun depan dapat lebih baik,” pungkas Faridah.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas