Home Politik

Penanganan Covid-19, Anggaran DPRD Poso Dipangkas 50 Persen

61
Hidayat Bungasawa SH MH. (Foto: Istimewa)

Poso, Metrosulawesi.id – Rapat konsultasi pencegahan Covid-19 bersama Pemda, pimpinan dan anggota DPRD Poso dan sepakat pagu anggaran di DPRD Poso untuk tahun 2020 sebesar Rp17 miliar lebih. Tapi, setelah dilakukan recofusing bersama TAPD, maka pagu anggaran yang dipotong sebesar Rp 9,8 miliar atau lebih dari 50 persen.

Demikian dikatakan Ketua Komisi 1 DPRD Poso Hidayat Bungasawa SH MH, kepada wartawan,Rabu 17 Juni 2020. “ Beberapa kali rapat dewan ini memberi atensi terhadap situasi kekinian mencegah Covid-19 dan seluruh pimpinan fraksi atau sebanyak 30 anggota DPRD Poso mendorong agar pemda menyiapkan anggaran, termasuk pagu anggaran di DPRD siap dipotong,” tegasnya.

Anggota DPRD Poso lainnya Suharto Kandar mengatakan, mulai dari pencegahan, sampai dengan penanganan Covid-19 di Kabupaten Poso, seluruh fraksi di DPRD Poso sangat siap dilakukan pemotongan anggaran.

“Anggaran perjalanan dinasnya dan uang makan minum sepakat dipotong termasuk alokasi reses untuk satu kali kegiatan reses terpaksa tidak diadakan, namun masih ada dua kegiatan reses ke depan, pemotongan anggaran tersebut adalah untuk dialokasikan penanggulangan virus corona di Poso,” jelas Suharto Kandar yang sebelumnya dua periode sebagai Wakil Ketua 1 DPRD Poso.

Menurutnya, hal pemotongan atau pemangkasan anggaran itu merupakan keputusan bersama seluruh fraksi di DPRD Poso, jadi tidak ada anggota yang tidak tahu apalagi tidak setuju. “Seluruh ketua fraksi mengetahui jumlah anggaran yang dipangkas dari pagu anggaran sebelum Covid-19,” tegasnya.

Sementara diungkapkan Hidayat Bungasawa, demi kemaslahatan rakyat Poso dalam situasi menghadapi antisipasi sebaran Covid-19, sepakat berapapun besaran anggarannya yang penting untuk kemasalahatan umat.

“Di rapat fraksi kita dorong agar dilakukan efisiensi anggaran dari perjalanan dinas, uang makan minum dan kegiatan-kegiatan yang tidak efektif,” tegasnya.

Sementara anggota DPRD Poso dari Fraksi Golkar Darma Lyanto mengatakan pihaknya menyambut baik keputusan rapat terkait alokasi anggaran corona dari pagu anggaran DPRD Poso tersebut.

“Semua fraksi (anggota dewan) ikhlas agar dana perjalanan dinas dan uang makan minum-nya dialihkan untuk penanganan wabah virus corona demi kemanusiaan,” tuturnya.

Dikatakan Darma Lyanto, dari keputusan pemotongan perjalanan dinas tersebut hal yang tepat.

“Keputusan semua fraksi pemotongan dana perjalanan dinas anggota dewan demi penanggulangan virus corona itu sangat tepat,” ucapnya.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas