Home Sulteng

Kemenkumham-Disnakertrans Bahas Pengawasan TKA

70
BAHAS TKA - Kadiv Keimigrasian Kemenkumham Sulteng, Ari Tri Esthi Moeljantoro, didampingi jajaran mengunjungi Kepala Disnakertrans Provinsi Sulteng, Arnold Firdaus, didampingi Kabid Joko Pranowo membahas TKA, Selasa, 16 Juni 2020. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulteng melakukan pertemuan membahas pengawasan Tenaga Kerja Asing (TKA) di daerah ini. Pertemuan berlangsung di ruang kerja Kepala Disnakertrans Provinsi Sulteng, Arnold Firdaus, Selasa, 16 Juni 2020.

Perwakilan Kemenkumham Sulteng dipimpin Kepala Divisi (Kadiv) Keimigrasian, Ari Tri Esthi Moeljantoro, didampingi oleh Kepala Bidang Perizinan dan Teknologi Informasi Keimigrasian, Agung Astrawinata serta Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Amar. Sementara Arnold didampingi Kepala Bidang Pembinaan Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Provinsi Sulteng, Joko Pranowo.

Kadiv Ari menjelaskan pertemuan dilakukan membahas akan dibukanya wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) karena para TKA akan masuk. Selain itu, KEK tersebut membuka kesempatan besar terhadap peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara.

“KEK itu sangat besar manfaatnya untuk meningkatkan perekonomian di wilayah Sulawesi Tengah. Kedepan petugas imigrasi harus ada dipost-post dan ditempatkan di wilayah KEK, sehingga fungsi pengawasan dan penindakan dapat bergerak cepat,” ujar Ari.

Dalam kesempatan tersebut, selain membahas KEK, Kadiv juga membicarakan sejumlah proyek strategis nasional yaitu Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Kecamatan Gumbasa di Sigi, Pelabuhan Pantoloan, dan proyek Palu-Parigi.

Menurut Ari, dengan melakukan komunikasi dan koordinasi merupakan suatu jembatan awal dalam kolaborasi, khususnya untuk pengawasan keberadaan orang asing dari instansi pemerintah terkait.

“Tentu pula sekaligus dapat saling tukar menukar informasi terkait keberadaan dan aktivitas orang asing di wilayah Sulawesi Tengah,” pungkasnya.

Sementara itu, Joko Pranowo mewakili kepala dinas menyambut baik pertemuan yang membahas pengawasan TKA. Selaku kepala bidang yang menangani pengawasan ketenagakerjaan, Joko menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kadiv Imigrasi Kemenkumham Sulteng dan jajaran.

“Pertemuan ini langkah yang tepat untuk saling bertukar informasi dalam hal pengawasan tenaga kerja asing di wilayah Sulawesi Tengah,” pungkas Joko.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas