Home Politik

KPU Sigi Ajukan Penambahan Anggaran Rp3,7 Miliar

94
Ketua KPU Sigi, Hairil. (Foto: Istimewa)

Sigi, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi mengajukan anggaran tambahan sebesar Rp 3,7 miliar lebih melalui APBN untuk pelaksanaan pilkada serentak 9 Desember 2020. Penambahan anggaran diperuntukan pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) guna mencegah penyebaran Covid-19.

Ketua KPU Sigi, Hairil mengungkapakan, anggaran tambahan yang diperuntukan memenuhi APD tersebut diusulkan menggunakan APBN melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi.

“Hasil rapat koordinasi kami dengan TAPD beberapa waktu lalu, pada dasarnya Pemkab tidak mampu lagi menambah dengan kondisi anggaran daerah saat ini, sehingga kami bersepakat untuk penambahan anggaran tersebut kita minta di APBN,” ungkapnya kepada Metro Sulawesi melalui sambungan telepon, Senin 15 Juni 2020.

Menurut Hairil, anggaran tambahan tersebut nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan protokol kesehatan. Pengajuan penambahan anggaran yang dimaksud untuk pengadaan APD seperti masker, hand sanitizer, thermo scan.

“APD yang dibutuhkan semua sesuai protokol Covid-19,” katanya.

Hairil menambahkan, nantinya ada penambahan TPS, sesuai ketentuan maksimal 500 orang per TPS.

“Untuk penambahan TPS itu ada, tapi kami masih bisa optimalkan dengan anggaran yang ada saat ini,” tuturnya.

Terkait badan ad hoc yang sempat di nonaktifkan karena pandemi Covid-19, saat ini sudah diaktifkan kembali.

“Badan ad hoc PPK dan PPS sudah diaktifkan kembali, dan yang belum sempat dilantik karena penundaan tahapan, juga sudah dilantik oleh ketua PPKnya,” tutupnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas