Home Politik

KPU Poso Lanjutkan Tahapan Pilkada

98
Budiman Maliki. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)

Poso, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Poso digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

Hal tersebut dipastikan setelah terbitnya Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 tahun 2020 tentang Program Jadwal Tahapan Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Walikota, Wakil Walikota, Bupati dan Wakil Bupati.

Ketua KPU Poso, Budiman Maliki yang dikonfirmasi via telepon pada Minggu (14/6/2020) kepada media ini membenarkan tahapan Pilkada Poso untuk tahun 2020 telah kembali berjalan, setelah sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

Menurutnya, meskipun ditengah pandemi Covid-19, KPU Poso siap laksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Poso pada 9 Desember 2020 mendatang dengan menerapkan protocol covid-19.

“Kita sudah siap melanjutkan kembali tahapan Pilkada 2020,” ungkapnya.

Dengan terbitnya PKPU Nomor 5 tahun 2020, maka secara otomatis KPU Poso segera mengaktifkan kembali Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang ada di 19 kecamatan se kabupaten Poso.

Diakuinya untuk mengaktifkan kembali petugas adhoc tersebut, KPU kabupaten mencermati kembali terpenuhinya syarat masing-masing anggota PPK yang sebelumnya sempat diberhentikan sementara.

“Dengan terbitnya PKPU Nomor 5 tahun 2020, maka seluruh tahapan Pilkada di Poso kembali berjalan, termasuk kita aktifkan kembali seluruh anggota PPK dan PPS yang sebelumnya diberhenikan sementara,” jelas Budiman Maliki.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas