Home Donggala

TPS di Donggala Berpotensi Bertambah

67
Divisi Data KPU Donggala, Alfian. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala Metrosulawesi.id – Ketua Divisi Data KPU kabupaten Donggala, Alfian, mengatakan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Donggala untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng 9 Desember 2020 mendatang berpotensi bertambah.

“kemungkinan ada ketambahan 64 TPS. Piemilihan Bupati Donggala lalu jumlah TPS kita di 16 kecamatan 609 TPS, di pemilihan gubernur 9 Desember mendatang kemungkinan menjadi 673 TPS,” kata Alfian, Senin (15/6) di ruang kerjanya.

Ketambahan TPS tersebut berdasarkan data pemilih yang terus bergerak dan disebabkan protokoler Covid-19 yang membatasi setiap TPS dengan jumlah pemilih maksimal 500 pemilih.

“Data pemilih kita sekarang 232.179 jiwa, makanya TPS kemungkinan bertambah, menunggu proses Coklit (pencocokan dan penelitian) ditingkat kecamatan/desa. Tapi, data pemilih 232.179 jiwa tidak berkesesuaian, maka jumlah TPS bisa saja tetap. Pembatasan jumlah pemilih dalam TPS yang tadinya 800 menjadi 500 juga menjadi bahan kalkulasi KPU dalam menenetukan jumlah TPS nanti,” sebutnya.

Dalam melakukan pendataan Alfian mengaku tidak mendapatkan persoalan di lapangan. Ia meminta agar masyarakat kabupaten Donggala yang belum terdata, segera mengurus kelengkapan administarsi berupa KTP dicatatan Sipil, sehingga bisa berpartsipasi pada pemilihan gubernur 9 Desember mendatang.

“Kami meminta partispasi aktif masyarakat Donggala untuk bersama mensukseskan pemilihan gubernur, warga yang lahir persis di bulan Desember yang usianya pas 17 tahun segera mengurusi KTP, yang suket juga boleh dipergunakan untuk memilih, tapi kan lebih bagus kalau menggunakan KTP,” harapnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas