Home Palu

SMPN 1 Palu Buat Metode Belajar Berbasis Web

71
Hj Farida Batjo. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala SMP Negeri 1 Palu, Farida Batjo, mengatakan, pihaknya berencana akan membuat metode pembelajaran berbasis website. Hal itu terinspirasi dari dua pengalaman peristiwa bencana yang terjadi di Palu.

“Dimana kedua bencana yang terjadi di Palu yakni bencana gempa, tsunami, dan likuefaksi yang terjadi pada 28 Sempter 2018 lalu, membuat proses belajar mengajar di sekolah tidak berjalan dengan baik. Demikian halnya dengan bencana non alam yang terjadi saat ini yakni Covid-19,” kata Farida, saat dihubungi Metrosulawesi, Sabtu, 13 Juni 2020.

Kata Farida, pembelajaran berbasis website itu nantinya akan bekerjasama dengan salah satu perusahaan swasta asal Amerika Serikat.

“Nantinya dalam satu server akan tersimpan semua bahan pembelajaran, mulai dari materi, cara mengerjakan soal (contoh soal) hingga soal ujian. Sehingga saat terjadi musibah, website tersebut tinggal dibuka, proses belajar peserta didik tetap dapat berlangsung, sekalipun dalam kondisi bencana,” ujarnya.

Namun kata Farida, bukan berarti dengan website tersebut interaksi antara peserta didik dan guru tidak diperlukan lagi, sesekali guru tetap harus bisa berinteraksi dengan peserta didiknya.

“Yang jelas proses pembelajaran, interaksi antara guru dan siswa sangat penting. Tetapi melalui website ini, interaksi tidak perlu terlalu intens, karena semua bahan sudah ada di server itu, termasuk video penjelasan setiap mata pelajaran oleh guru terkait,” jelasnya,

Farida mengaku, pembelajaran berbasis website ini dinilainya sangat murah, dibandingkan proses belajar lewat daring seperti saat ini, dimana peserta didik dan guru harus mengeluarkan biaya pulsa data yang tidak sedikit.

“Biayanya sangat murah hanya sekitar Rp7 juta per tahun, dibandingkan pembelajaran daring seperti sekarang ini, juga memakan biaya jutaan, hanya kurun waktu empat bulan terakhir ini,” ungkapnya.

Untuk itu, kata Farida, dalam waktu dekat, pihak SMPN 1 Palu akan melakukan komunikasi dengan perusahaan yang berada di Amerika Serikat itu.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas