Home Poso

Kades Pandiri Poso Diadukan ke Wakil Bupati

161
MENGADU - Warga Desa Pandiri Kecamatan Lage Kabupaten Poso bertemu dengan Wakil Bupati Poso, Ir T. Samsuri, Senin (15/6/2020). (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)

Poso, Metrosulawesi.id – Puluhan warga Desa Pandiri Kecamatan Lage Kabupaten Poso, mendatangi kantor Bupati Poso dan kantor DPRD Poso, guna mengadukan sikap perilaku dan perbuatan kepala desanya yang dinilai telah merugikan masyarakat desa tersebut.

Aksi puluhan warga yng dipimpin Ketua BPD Pandiri, Jhon D Mowose bersama sejumlah tokoh masyarakat, Senin (15/6/2020) menyambangi kantor Bupati Poso.

Perwakilan masyarakat Desa Pandiri yang dipimpin Jhon D.Mowose, diterima Wakil Bupati Poso, Ir T.Samsuri di ruang kerjanya.

Pada kesempatan itu Juru Bicara masyarakat Pandiri, Jhon D. Mowose menyampaikan sejumlah permasalahan masyarakat yang terjadi di desa mereka kepada Wakil Bupati Poso.

“Kehadiran kami di sini ingin menyampaikan sejumlah pemasalahan di desa kami di antaranya soal terbitnya sertifikat tanah atas nama orang lain di atas lahan yang dikelola masyarakat Desa Pandiri,” ujarnya.

Terkait ulah oknum kades tersebut kata Jhon, masyarakat sudah tidak tahan dan meminta kepada Pemerintah Kabupaten Poso segera menindaklanjuti laporan warga Pandiri.

“Kami meminta Pemerintah Kabupaten segera bertindak atas laporan masyarakat ini, jika dibiarkan maka masyarakat yang akan jadi korban,” pinta Jhon mewakili puluhan masyarakat Pandiri.

Jhon yang didampingi sejumlah tokoh masyarakat Desa Pandiri juga meminta agar Pemkab segera turun tangan dalam persoalan ini. 

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Poso, T. Samsuri akan segera menindaklanjuti laporan masyarakat Pandiri dengan bukti bukti yang telah disampaikan.

“Kami akan segera menindaklanjuti laporan ini dan akan memanggil seluruh pihak termasuk Kades Pandiri,” ujarnya.

Wabup meminta warga melengkapi laporannya dengan bukti-bukti yang ada sebagai bahan masukan bagi pemkab.

“Saya minta semua bukti yang ada sehingga kami bisa mengkaji permasalahan yang disampaikan,” pinta Wabup.

Usai bertemu Wabup Poso, puluhan masyarakat Pandiri juga mendatangi DPRD Kabupaten Poso. Di DPRD Poso, mereka diterima Ketua Komisi I, Hidayat Bungasawa bersama dua anggota komisi III, yakni Fredrik Torunde dan H. Usman Karim.

Di Komisi I DPRD Poso juga menyampaikan hal serupa sebagaimana saat bertemu Wabup Poso.

Ketua Komisi I DPRD Poso, Hidayat Bungasawa SH MH mengaku segera menindaklanjuti laporan masyarakat Desa Pandiri dan pihaknya akan memanggil pihak terkait termasuk kades untuk dimintai keterangannya terkait dengan sejumlah permasalahan yang disampaikan ke Komisi I DPRD Poso.

“Dalam waktu dekat kami segera menindaklanjuti laporan masyarakat Pandiri terkait sejumlah permasalahan yang terjadi termasuk akan memanggil pihak termasuk kades untuk dimintai keterangannya,” ujarnya di hadapan perwakilan masyarakat Pandiri.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas