Home Banggai Kepulauan

KPU Bangkep Siap Mulai Tahapan Pilgub

94
Ketua KPU Bangkep, Tamin. (Foto: Metrosulawesi/ Rifan T. Masse)

Bangkep, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) menyatakan siap menggelar pemilihan gubernur (Pilgub) di era new normal. Pernyataan itu disampaikan Ketua KPU Bangkep, Tamin di ruang kerjanya, di Kantor KPU Bangkep, Jumat (12/6/2020).

Tamin mengatakan, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan berbagai kebutuhan yang diperlukan dalam tahapan penyelenggaraan yang rencananya akan dimulai Senin , 15 Juni 2020.

“Dari KPU RI kita masih menunggu surat edaran. Tapi antara KPU RI, Bawaslu, Komisi II DPR dan Kemendagri sudah ada kesepakatan,  tahapannya akan dimulai tanggal 15 bulan ini,” jelas Tamin saat ditemui Metreosulawesi.id, Jumat siang.

Sedangkan untuk adhoc KPU Bangkep, menurut Tamin, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dab Panitian Pemungutan Suara (PPS) itu, semuanya sudah siap memulai tahapan.

“Pelantikan PPK dan PPS sudah dijadwalkan tanggal 22, hanya karena di tanggal 21 tiba-tiba ada edaran untuk menunda seluruh tahapan, maka kita langsung nonaktifkan lagi,” tutur Tamin

Olehnya itu,  kata Tamin, saat ini pihaknya tinggal menunggu edaran PKPU yang akan menjadi acuan dimulainya tahapan kontestasi dari KPU RI. Persiapan pelantikan dan juga strategi penyelenggaraan dalam situasi Covid-19  tetap harus dikordinasikan dengan pihak provinsi.

“Kordinasi itu dilakukan supaya tahapan ini bisa dilangsungkan. Dalam waktu yang singkat ini, teman-teman adhoc harus menyiapkan PPDP. Tapi tentu tetap kita harus mengacu pada protokoler kesehatan,” imbuh Tamin.

Pada kesempatsan itu juga, Tamin menjelaskan mengenai salah satu strategi pengelenggaraan dalam situasi Covid-19, dengan memetakan sejumlah kecamatan dan desa-desa yang bisa dijangkau dengan pertemuan Virtual (Video Confrence).  

‘’Strateginya bisa melalui pertemuan virtual, sedangkan untuk beberapa kecamatan yang jaringannya tidak memungkinkan untuk itu, kita akan secara faktual.  Kami sudah petakan semuanya,’’ jelas Tamin sembari menyebutkan jumlah 50 desa  dari 141 desa yang bisa dijangkau dengan  vidcon.

Soal anggaran dalam penanganan pandemic Covid-19 , Tamin yang menjabat dua periode ini, mengungkapkan masih melakukan koordinasi dengan provinsi.

‘’Saat ini sudah memasuki tahapan Pilgub. Otomatis anggaran semua di Propinsi. Termasuk penyediaan Alat Pelindung Diri, kami belum tau. Tapi kami yakin provinsi pasti menyiapkan semuanya,’’ pungkas Tamin. (*)

Reporter: Rifan Touk

Ayo tulis komentar cerdas