Home Nasional

Untad Antisipasi Peserta UTBK SBMPTN 2020 Terpapar Covid-19

149
Prof Mahfudz MP. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kampus Universitas Tadulako (Untad) di Palu, menjadi satu dari 74 lokasi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) tahun 2020 secara nasional.

Rektor Prof Dr Ir H Mahfudz MP memperkirakan peserta UTBK SBMPTN di Untad mencapai angka 13.000 orang. Olehnya, Untad tengah mematangkan persiapan untuk pelaksanaan UTBK agar sesuai protokol kesehatan dalam masa pandemi virus corona (Covid-19).

“Kita tidak ingin ada peserta yang terpapar virus corona dan menularkan kepada yang lain,” ujar Mafudz di Palu, Kamis, 11 Juni 2020.

Sebagai langkah antisipasi, Panitia Pusat Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTPMT) Untad dikatakan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Tujuannya agar pemerintah setempat melalui instansi terkait mengambil langkah penerapan protokol kesehatan saat ribuan peserta UTBK akan masuk ke Palu untuk mengikuti ujian.

Sebelumnya, Koordinator Humas Pusat LTPMT Untad, Yutdam Mudin, menerangkan jumlah pendaftar akan mengikuti UTBK SBMPTN di Untad terus bertambah. Pendaftar berasal dari kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah yang akan kuliah diberbagai kampus se-Indonesia. Tercatat hingga Rabu, 10 Juni siang, jumlah pendaftar UTBK SBMPTN di Untad sudah 5.318 orang.

Pendaftaran UTBK SBMPTN telah dimulai sejak 2 sampai 20 Juni pukul 23.00 waktu setempat. Pendaftaran secara online dengan syarat harus memiliki akun LTPMT yang sudah diberikan kesempatan sejak 2 Desember 2019 sampai 5 April 2020.

Untad telah menyiapkan sekitar 29 ruangan untuk pelaksanaan UTBK SBMPTN. Ruangan-ruangan tersebut tersebar di kampus Untad dan di tiga sekolah yaitu SMK 1, SMK 2, dan SMK 3 Palu. Adapun UTBK SBMPTN dijadwalkan mulai 5 sampai 12 Juli dengan total 30 sesi.

Yutdam memastikan pelaksanaan UTBK akan menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Jarak komputer yang satu dengan yang lain dipisah sekitar 1,5 meter di masing-masing ruangan. Satu ruangan maksimal 20 komputer. Peserta yang akan mengikuti UTBK harus mengunakan masker dan dicek suhu tubuh. Panitia LTPMT akan menggandeng Tim Satgas Penanganan Covid-19 Untad.

“Kapasitas ruangan kami mencapai 13.650 orang dengan total 30 sesi. Jadi setiap hari bisa sampai delapan sesi,” ucap Yutdam.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas