Home Hukum & Kriminal

PN Palu Umumkan 26 Perkara Tilang

71
PENGUMUMAN TILANG - Warga saat datang untuk melihat hasil perkara tilang yang diumumkan pihak PN Klas IA/PHI/Tipikor Palu. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Pengadilan Negeri (PN) Klas IA/PHI/Tipikor Palu, Jumat, 12 Juni 2020 kemarin, kembali mengumumkan hasil putusan sidang penyelesaian perkara tindak pidana lalulintas (Tilang).Tidak seperti pekan-pekan sebelumnya, kali ini PN Palu hanya mengumumkan sebanyak 26 perkara tilang yang telah disidangkan. Jumlah perkara itupun hanya yang dilimpahkan oleh pihak Ditlantas Polda Sulteng.

“Jadi jumlah kali ini tidak seperti yang sebelumnya, karena perkara tilang yang dilimpahkan untuk disidangkan jumlahnya memang sedikit,” ungkap Humas PN Klas IA/PHI/Tipikor Palu Zaufi Amri SH kepada Metrosulawesi, Jumat, 12 Juni 2020.

Diuraikan Zaufi sapaan akrabnya, ke 26 perkara tilang yang diumumkan setelah dua pekan perayaan hari raya Idul Fitri atau cuti bersama, disidangkan oleh hakim tunggal yakni Panji Prahistoriawan Prasetyo SH, dibantu Panitera Pengganti Bertin SH MH.

“Untuk jumlah besaran pidana denda yang diputus, paling kecil sebesar Rp 49 ribu ditambah biaya perkara Rp 1000. Sedangkan yang tertinggi Rp 100 ribu, sudah termasuk di dalamnya biaya perkara,” terangnya.

Barang bukti yang menjadi jaminan untuk 26 perkara tilang yang dilimpahkan Polda Sulteng itu, juga beragam. Paling banyak kata Zaufi adalah Slip Pembayaran dari BANK BRI, kemudian STNK, dan SIM. 

“Adanya juga barang bukti berupa empat kendaraan yang diamankan, dan satu buku KIR. Jadi dipengadilan hanyalah tempat menyidangkan dan mengumumkan hasil sidang atau besaran denda yang diputus. Untuk pembayaran denda di bank BRI, sementara untuk pengambilan barang bukti diambil di Kejaksaan,” tandasnya.

Reporter: Sudirman

Ayo tulis komentar cerdas