Home Sulteng

KRI Kakap 811 Sandar di Tolitoli

109
WAWANCARA - Komandan KRI Kakap Mayor (P) Oyu Mulia saat diwawancara wartawan di Tolitoli, Jumat 12 Juni 2020. (Foto: Istimewa)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – KRI Kakap 811 berlabuh di Pelabuhan Dedek Kabupaten Tolitoli setelah berpatroli keliling di kawasan timur Indonesia.

Komandan KRI Kakap Mayor (P) Oyu Mulia kepada wartawan, Jumat (12/6/2020) menjelaskan, KRI Kakap 811 sandar di pelabuhan paling lama dua hari untuk mengisi BBM dan logistik. Selain itu mengingatkan dan memastikan kepada masyarakat luas bahwa TNI AL senantiasa tetap selalu menjaga teretorial perairan laut dari ancaman pihak pihak luar dan menjaga kepulauan terluar yang berbatasan dengan negara tetangga.

Oyu Mulio mengurai tentang kondisi spesifikasi kapal tersebut. Dikatakan kapal tersebut adalah buatan PT.PAL Indonesia tahun 1988 yang bisa mengangkut sedikitnya 50 personel. Panjang kapal 57 meter dan lebar 8 meter serta kecepatan kapal bisa menapai 28 knot, sehingga sangat potensial jika melakukan pengejaran terhadap kapal asing yang mencoba memasuki perbatasan.

Selain itu, KRI Kakap juga dilengkapi dengan tiga buah meriam otomatis yang mampu melumpuhkan musuh dengan cepat. Dijelaskan, masyarakat bisa datang menyaksikan kapal perang tersebut dari jarak dekat, namun belum diperkenankan masuk ke dalam kapal karena mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Reporter: Acco Amir
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas