Home Palu

Pemkot Diminta Swab Massal Gratis

72
Mutmainah Korona. (Foto: Metrosulawesi/ Tahmil Burhanuddin)

Palu, Metrosulawesi.id – Ketua Komisi 1 DPRD Kota Palu Mutmainah Korona meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palu agar segera melakukan usap tenggorok (swab test) secara massal serta gratis kepada warga.

Hal ini disampaikan Mutmainah kepada wartawan usai mengetahui ada 16 orang di Kota Palu dinyatakan positif Covid-19 usai melakukan swab mandiri.

“Ini bukti jika keberadaan posko di perbatasan, bekal alat pengukur suhu tubuh dan surat keterangan bagi warga yang keluar masuk Kota Palu tidak efektif. Karena faktanya temuan positif bukan oleh petugas perbatasan, tetapi justru swab test mandiri oleh  para pasien,” ujar Mutmainah Korona, Senin 8 Juni 2020.

Selain itu, Mutmainah juga minta kepada Pemkot Palu, melalui para petugas di perbatasan agar lebih memperketat pengawasan terhadap warga yang keluar masuk Kota Palu.

“Soal pengawasan perbatasan Pemkot harus membahas kembali bersama pihak TNI/Polri, menggerakkan Satpol-PP serta tenaga medis dalam rangka pengetatan pengawasan,” kata Mutmainah.

Mutmainah juga minta kepada Dinas Pendidikan untuk mengevaluasi kembali rencana buka sekolah pada pertengahan Juli mendatang. Karena masih terlalu berisiko bagi para anak didik dan juga para guru.

Kata Mutmainah, Meski 16 pasien yang dinyatakan positif tersebut bukan akibat tranmisi lokal, tetapi diduga kuat dari luar Kota Palu. Tentu selama berada di Palu mereka telah berinteraksi dengan banyak pihak, bisa teman,  saudara maupun keluarganya. Sehingga, ada kemungkinan angka positif lebih dari yang telah diumumkan.

“Maka swab test massal gratis adalah solusinya,” tegas Mutmainah.

Reporter: Tahmil Burhanuddin
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas