Home Pendidikan

Gubernur Diminta Tingkatkan Dana Pendidikan

62
PARIPURNA LKPJ - Gubernur H Longki Djaggola didampingi Kepala Biro Humas Pemprov saat mengikuti rapat bersama DPRD Sulteng secara daring dari ruang video conference kantor Gubernur Sulteng, Senin 8 Juni 2020. (Foto: Humas Pemprov Sulteng)
  • DPRD Sulteng Apresiasi Kinerja Pemprov

Palu, Metrosulawesi.id – Rapat paripurna DPRD Sulteng bersama Pemprov Sulteng digelar secara daring, Senin 8 Juni 2020. Gubernur Sulteng H Longki Djanggola mengikuti rapat itu dari ruang video conference kantor Gubernur Sulteng.

Rapat virtual itu beragendakan penyampaian keputusan DPRD Provinsi Sulteng tentang Rekomendasi Atas LKPJ Gubernur Tahun 2019. Wakil Ketua DPRD Sulteng Muharram Nurdin bertindak sebagai pemimpin rapat, dan anggota DPRD Sulteng lainnya mengikuti secara virtual.

DPRD Provinsi Sulawesi Tengah memberikan apresiasi terhadap kinerja pemerintah provinsi, antara lain terkait penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan walaupun dalam masa recovery pasca bencana alam tetapi dapat berjalan maksimal.

Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Tengah mengalami peningkatan dan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi secara nasional dan tertinggi di wilayah Sulampua (Sulawesi, Maluku, dan Papua). Neraca perdagangan Sulawesi Tengah mengalami surplus.

Lembaga legislatif itu juga menyampaikan beberapa rekomendasi kepada pemerintah provinsi. Pertama, meminta Gubernur agar dapat meningkatkan dana pendidikan. Kedua, agar penerima manfaat bansos dapat didata kembali agar lebih akurat.

Ketiga, agar meningkatkan alokasi anggaran percepatan rehabilitasi dan rekontruksi dampak bencana Sulawesi Tengah. Keempat, percepatan pembangunan dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi dampak bencana. Kelima, agar ditingkatkan kinerja perusahaan daerah.

Gubernur H Longki Djanggola mengatakan, rekomendasi DPRD Sulteng akan menjadi perhatian pemerintah provinsi untuk segera ditindaklanjut dalam rangka perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah kecdepan.

‘‘Rekomendasi yang disampaikan  akan  kami  jadikan sebagai sarana dalam peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan   daerah  meskipun  saat ini ikut  terpengaruh  oleh pandemi wabah covid-19 sehingga perlu dilakukan penyesuaian-penyesuaian agar selaras dengan protokol pencegahan  dan penanganan  covid-19,’’ kata Gubernur.

Gubernur menyampaikan mengucapkan  terima  kasih  atas  kontribusi,  sinergitas  dan kebersamaan yang sudah terbangun dengan sedemikian solid antara  unsur  legislatif DPRD Provinsi Sulawesi Tengah dan eksekutif  dalam rangka menyukseskan tiap agenda pembangunan daerah Provinsi Sulawesi Tengah. (*)

Reporter: Syahril Hantono
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas