Home Poso

13 Pejabat Bersaing Duduki 5 Jabatan Eselon Dua

70
Yan Guluda. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)

Poso, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten Poso telah membuka lelang sejumlah jabatan eselon II B yang lowong. Sebelumnya telah mengumumkan pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama pada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Poso.

“Pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama ini telah kami sampaikan melalui pengumuman terbuka tentang pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Poso,” ujar Sekretaris Daerah Poso yang juga Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Yan Edward Guluda SH, MH, di Poso, Selasa 9 Juni 2020.

Ia menjelaskan, keluarnya pengumuman tersebut sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Ada lima posisi pimpinan tinggi pratama di Kabupaten Poso yang akan diisi tersebut yaitu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Dinas Pariwisata, Asisten Satu, Asisten Dua serta Satu jabatan yang kosong di Staf Ahli Bupati.

Melalui pengumuman tersebut itulah Sekda Poso Yan Edward Guluda SH MH mengatakan, pihaknya telah mengundang jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Poso untuk mendaftarkan diri. Sementara saat ini mereka tinggal menunggu rekomendasi dari Mendagri, Gubernur dan Bupati terkait pengisian jabatan dimaksud.

“Mereka yang tentunya memenuhi syarat itulah yang mendaftarkan diri kepada Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Poso,” katanya.

Terpisah, Kepala BKPSDM  Poso Filson Gundo S.Sos,MSi  mengatakan, dari lima jabatan yang dilelang, diikuti 14 pejabat yang diundang, namun satu berkas pejabat tidak memenuhi syarat, sehingga hanya 13 pejabat yang berkasnya diterima. Mereka ikut tahapan dan sementara menunggu rekomendasi yang akan keluar.

Filson menambahkan,  tahapan  seleksi yang harus dilewati  setelah melalui proses penerimaan berkas, proses seleksi akan dilanjutkan dengan seleksi administrasi dan pengumuman hasil seleksi administrasi  selanjutnya tahapan ujian atau kompetensi , selanjutnya pembuatan makalah , presentasi serta wawancara  sekaligus penelusuran rekam jejak peserta seleksi, terakhir adalah rekomendasi dari Mendagri, Gubernur dan Bupati Poso.

Ditanya kapan proses pelantikan pejabat Eselon Dua tersebut menurut Filson, pelantikan nya tentu menunggu rekomendasi, “Tunggu saja bagi mereka yang terpilih, itulah hasil akhir seleksi, pimpinan daerah inginkan pejabat  yang mengisi kekosongan  tersebut, adalah mereka  pejabat yang mampu bekerja ,” tegasnya. 

Informasi yang diterima, pejabat yang ikut lelang jabatan di antaranya Yudi Iswanto SH, Drs Arief Tanda, Ir Rita Pontoh, Ruslan Baba SH, Amos Mondolu, Rimed Pede, Ariefaldi, serta beberapa Irban di Inspektorat.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas