Home Palu

Penumpang KM Tuna Diperiksa Ketat

137
PEMERIKSAAN - Para petugas medis saat melakukan memeriksa para penumpang KM Tuna di Posko Pemeriksaan Kesehatan Pelabuhan Taipa Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Yusuf Bj)

Palu, Metrosulawesi.id – Parapersonel UPT Pelabuhan Taipa bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Palu memeriksa secara ketat penumpang KM Tuna di Pelabuhan  Taipa, Jumat pekan lalu. Para penumpang harus melewati beberapa proses pemeriksaan yang dilakukan para tenaga medis Dinas Kesehatan Kota Palu dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah.

“Hari ini Jumat tanggal 5 Juni 2020, KM Tuna sandar di Pelabuhan penyeberangan Taipa Palu jam 16.00. Kurang lebih dua bulan terakhir, pennumpang yang turun dari kapal kita lakukan pemeriksaan sesuai protokol kesehatan yang berlaku di masa pandemi,” kata Kepala UPT Pelabuhan Taipa, Awin S. Lembah saat ditemui di sela-sela  pemeriksaan penumpang.

“Pemeriksaan dilakukan oleh Tim Karantina Kesehatan dan dari Dinas Kesehatan Kota Palu. Jadi tiap kali kedatangan, penumpang kapal pasti akan kami periksa secara ketat,” tambahnya.

Awin mengungkapkan, saat ini sebanyak 93 penumpang yang diperiksa di Pos Pemeriksaan Kesehatan Pelabuhan Taipa Palu.

“Manifest penumpang yang kami terima dari KM Tuna, sebanyak 93 orang penumpang yang masuk hari ini, yang terdiri dari 78 orang dewasa, dan 15 orang anak-anak,,” ungkapnya. 

Kata dia, para penumpang tersebut harus melalui beberapa prosedur protokol kesehatan, diantaranya penumpang  terlebih dahulu cuci tangan sebelum diperiksa olehh para tenaga medis.

“ODP satu orang sempat kami temukan di bulan Mei, berasal dari wilayah Palu, dan satu orang asal Donggala. Dan Alhamdulillah, kami terima laporan dari tim medis , hasil rapid test keduanya non reaktif. Sampai sekarang belum kami temukan lagi kasus Covid-19 disini, insyaallah tidak ada lagi,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palu, Nathan Pagasongan, yang juga merupakan anggota Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Palu, mengatakan pihaknya intens melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Palu, khususnya di pintu-pintu masuk Kota Palu.

“Kami dari Tim Laangan Penanganan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kota Palu, kami dari tim yang dibentuk di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palu telah mengambil beberapa langkah, yang pertama melakukan sosialisasi secara mobile. Kemudian, pada setiap Posko Pemeriksaan Kesehatan pada pintu masuk di Kota Palu, kami juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada para Pelaku Perjalanan, kiat-kiat Kota Palu dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Palu,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengumpulkan data dari tiap-tiap Pos Pemeriksaan Kesehatan tersebut.

“Jadi seluruh data yang ada dari setiap posko perbatasan, itu kami data semua, kemudian kami laporkan ke Posko Induk, dan disana data tersebut dianalisa, diolah, kemudian dipublikasikan,” jelasnya.

Reporter: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas