Home Palu

Bertambah 20 Positif, 16 di Kota Palu

191
ILUSTRASI - Covid-19. (Foto: Ist/ gatra)

Palu, Metrosulawesi.id – Perkembangan kasus positif virus Corona atau Covid-19 di Sulawesi Tengah belum terbendung. Data terbaru Pusdatina Covid-19 Sulteng Minggu (7/6/2020)  yang di release, mencatat ketambahan pasien yang terjangkit virus Corona di Sulteng sebanyak 20 orang, sehingga total keseluruhan mencapai 159 orang.

Menariknya dari 20 ketambahan positif tersebut, 16 diantaranya di Kota Palu. Sedangkan sisanya tersebar di tiga kabupaten yakni Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Kabupaten Donggala dan Kabupaten Morowali.

Juru Bicara Pusdatina Covid-19 Sulteng, Haris Kariming, menyebutkan, data terbaru hingga pulul 16.00 Wita, ketambahan jumlah pasien terjadi pada pasien yang terjangkit positif dan pasien yang sudah sembuh usai menjalani perawatan.

Pasien terkonfirmasi positif, dijelaskan Haris Kariming, dua kabupaten yakni Donggala dan Parimo mencatat masing-masing satu orang warganya terjangkit virus Corona,  dua pasien berada di Kabupaten Morowali, sedangkan 16 pasien berada di Kota Palu.

Ketambahan 16 pasien positif virus Corona, setidaknya membuat kaget gugus tugas penanganan Covid-19 di Sulteng khususnya di Kota Palu. Bagaimana tidak, sepekan terakhir, jumlah pasien positif berhasil ditekan, bahkan mencapai angka nol pasien terkonfirmasi positif.

Sumber: Pusdatina Covid-19 Sulteng.

Namun, dengan ketambahan 16 tersebut, praktis tekad Pemerintah Kota Palu untuk mengantarkan Kota Palu  masuk ke zona hijau, sulit dipenuhi. Pemerintah Kota Palu, beserta TNI-Polri maupun warga Kota Palu dituntut lebih maksimal dalam menekan penyebaran virus Corona.

Sayangnya,  update Pusdatina Covid-19 Sulteng, tidak merinci asal claster mana 16 pasien yang terjangkit virus Corona di Kota Palu.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dinyatakan sembuh tercatat tujuh orang.  Mereka tersebart di tiga wilatah, yakni satu pasien di Kota Palu, tiga pasien di Kabupaten Tolitoli, dan tiga pasien di Kabupaten Poso.

Sementara itu, Orang Dalam Pengawasan (ODP) data terbaru mencatat delapan kasus baru, hingga kini jumlah keseluruhan sebanyak 257 kasus. Sedang PDP terdapat satu ketambahan, jadi total jumlah PDP di Sulteng mencapai 21 orang. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas