Home Palu

Ribuan Pekerja Klaim JHT di BPJAMSOSTEK

64
Kepala Cabang BP Jamsostek Kota Palu. La Uno. (Foto: Metrosulawesi/ Tahmil Burhanudin)

Palu, Metrosulawesi.id – Akibat terdampak pandemik virus corona (Covid-19), ribuan tenaga kerja terpaksa harus berhenti bekerja. Hal ini juga berdampak pada tingginya jumlah klaim program jaminan hari tua (JHT) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Menurut data BPJAMSOSTEK Cabang Kota Palu, selama masa pandemi terhitung hingga 31 Mei 2020 tercatat sebanyak 5.350 kasus klaim JHT dengan total jumlah nilai klaim sebesar Rp39,4 miliar.
Jumlah peserta yang melakukan klaim tersebut meningkat 16 persen dari biasanya, atau meningkat 27 persen dari nilai total rupiah yang dibayarkan oleh BPJAMSOSTEK.

“Pada saat pendemik ini untuk kepesertaan banyak perusahaan mengalami dampak dari covid tersebut sehingga banyak perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang merumahkan karyawannya atau lakukan PHK, dan sesuai data sebanyak 6.255 tenaga kerja,” ungkap Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Kota Palu La Uno, Jumat 5 Juni 2020.

Selain telah membayarkan klaim program JHT dengan total yang cukup besar, pihak BPJAMSOSTEK juga membayarkan klaim program jaminan kematian (JKM) kepada 37 peserta (tenaga kerja) dengan nilai total Rp1,3 miliar.

Sementara itu, selama masa pandemik Covid-19 pihak BPJAMSOSTEK menerapkan pelayanan yang berbeda dari biasanya. Kebanyakan pelayanan BPJAMSOSTEK dilakukan secara daring (online). Hal itu juga untuk mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona.

“Sampai saat ini (BPJAMSOSTEK) belum melakukan pelayanan secara normal masih diberlakukan sesuai protokol,” jelas La Uno.

Reporter: Tahmil Burhanuddin
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas