Home Palu

Semua Pegawai BPOM Palu Rapid Test

63
RAPID TEST - Kepala BPOM di Palu, Fauzi Ferdiansyah, melakukan rapid test di kantornya, Selasa, 2 Juni 2020. (Foto: Istimewa)
  • Fauzi: Kalau Positif Lanjut Swab Test PCR

Palu, Metrosulawesi.id – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Palu melakukan rapid test kepada semua pegawainya. Kepala BPOM di Palu, Fauzi Ferdiansyah, mengungkapkan pelaksanaan rapid test berlangsung selama dua hari yaitu Selasa dan Rabu, 2-3 Juni.

“Kalau ditemukan ada yang positif berdasarkan rapid test akan dilanjutkan swab test PCR di Labkesda,” ungkap Fauzi, Selasa, 2 Juni 2020.

Dia mengatakan total pegawai BPOM Palu sebanyak 98 orang yang terdiri atas ASN dan tenaga kontrak. Dari jumlah itu, sebanyak 25 orang sudah melakukan rapid test dengan hasil negatif virus corona (Covid-19). Pegawai lainnya yang belum melakukan rapid test dilanjutkan hari ini, Rabu, 3 Juni.

“Hari ini (kemarin), sebanyak 25 orang sudah mengikuti rapid test, alhamdulillah semuanya negatif. Tapi kalau ditemukan yang positif akan lanjut swab test dan diuji PCR, kebetulan Labkesda dekat dengan kantor kami,” ucap Fauzi.

Dalam pelaksanaan rapid test, BPOM Palu menggandeng petugas Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Sulteng. Namun untuk pengadaan rapid test dilakukan secara mandiri oleh BPOM Palu. Fauzi mengatakan apabila mengharapkan bantuan rapid test dari pemerintah daerah akan sulit karena keterbatasan stok.

Tujuan pelaksanaan rapid test agar memastikan semua pegawai BPOM Palu bebas dari virus corona. Selain itu, rapid test dilakukan sebagai kontribusi BPOM Palu dalam memutus matarantai Covid-19 dan membatu pemerintah daearh dalam pemetaan penyebaran Covid-19. Sementara tujuan lainnya sebagai kesiapan BPOM Palu untuk pemberlakuan new normal dalam waktu dekat ini.

“Kalau ada yang positif swab test PCR tentu akan dilakukan isolasi mandiri dan mentracking selama 14 hari sebelumnya. Tracking untuk mencari tahu interaksi 14 hari kebelakang dan bertemu siapa saja,” jelas Fauzi.

Fauzi berharap dengan pelaksanaan rapid test di lingkungan BPOM Palu bisa membantu pemerintah daerah sebagai upaya memerangi penyebaran Covid-19.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas