Home Palu

Rabu, Bandara Palu Direncanakan Beroperasi Kembali

118
Bandara Mutiara SIS Aljufri, Kota Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)

Palu, Metrosulawesi.id – Bandar Udara (Bandara) Mutiara SIS Aljufri Palu rencananya bakal kembali beroperasi, Rabu (3/6/2020) hari ini. Maskapai yang sudah siap kembali beroperasi lebih awal di bandara tersebut yakni maskapai milik PT Garuda Indonesia.

Mulai beroperasinya Bandara Mutiara,  diungkap  pihak Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I Mutiara SIS  Aljufri Palu  kepada Metrosulawesi.id, Selasa (2/6/2020) siang.

“Rencananya Rabu  mulai beroperasi kembali dengan maskapai Garuda,” ungkap Kepala Bandara Mutiara Sis Aldjufri Palu, Ubaedillah.

Namun begitu, pihak bandara juga tetap mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan. Di masa pembatasan perjalanan orang, dalam rangka percepatan penanganan covid-19,  menggunakan transportasi udara agar memastikan sebelum membeli tiket sudah menyiapkan dokumen perjalanan maupun dokumen kesehatan yang dipersyaratkan.

“Khusus untuk yang akan ke wilayah Jabodetabek, ditambah wajib memiliki SIKM ( Surat Ijin Keluar Masuk) yang dapat diperoleh secara online.” Jelas Ubaedillah.

Di samping itu,  pihak bandara juga menganjurkan agar calon penumpang bisa tiba di bandara minimum 3 jam sebelum jam keberangkatan. Sebab, sebelum calon penumpang diberangkatkan, harus menjalani serangkaian pengecekan dan pemeriksaan dokumen-dokumen dan kondisi kesehatan fisik tubuh sebelum melakukan check in.

Ditambahkan Ubaedillah, penumpang juga harus memperhatikan masa berlaku Surat Keterangan hasil negatif tes PCR / non reaktif rapid test.

‘’Jangan sampai saat tiba di bandara,  dokumen kesehatan tersebut sudah tidak berlaku,” kata Ubaedillah mengingatkan calon penumpang yang akan bepergian.

Bagi yang akan melakukan penerbangan pagi hari, lanjut Ubaedillah,  juga dapat melakukan pemeriksaan dokumen-dokumen  dan kondisi kesehatan fisik tubuh satu hari sebelumnya di bandara.

Hingga berita ini dilansir, pihak bandara masih menunggu surat Gubernur Sulteng, apakah pengoperasian kembali bandara mendapatkan restu atau tidak.

“Tanggal 3 itu rencana awal, jika tidak ada kendala. Termasuk persetujuan pemda,” jelas pihak bandara saat dikonfirmasi.

Reporter: Tahmil Burhanuddin

Ayo tulis komentar cerdas