Home Banggai

Polsek Batui Bedah Rumah Warga Miskin

81
Kaposek Batui IPTU I Ketut Yoga Widata SH, bersama warga pada pelaksanaan kegiatan bedah rumah. (Foto: Dok. Polsek Batui)

Banggai, Metrosulawesi.id – Kepolisian Sektor (Polsek) Batui, Polres Banggai menggelar bakti sosial berupa bedah rumah salah satu warga di Kelurahan Lamo, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai.

Kaposek Batui IPTU I Ketut Yoga Widata SH, melalui telepon Jumat 29 Mei 2020, kepada Metrosulawesi mengatakan bahwa, bedah rumah dilaksanakan pada Rabu 20 Mei 2020, dan selesai pada Sabtu 23 Mei 2020, dan langsung diserahterimakan kepada pemilik.

“Pemilik rumah tersebut adalah seorang wanita lanjut usia atas nama Maasia Nyamang yang berumur 80 tahun, yang sudah berstatus janda yang saat ini hanya tinggal dengan anaknya yang dalam kondisi sakit stroke, serta dua orang cucu,”ucapnya.

“Meski kondisinya seperti itu, nenek Maasia Nyamang ini belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah. Hanya menerima bantuan sembako melalui program Bosque dari Kapolres Banggai, melalui kami, Polsek Batui,” tambahnya.

Yoga menjelaskan bahwa, untuk kondisi rumahnya memang sudah tidak layak huni, atapnya sudah bocor, serta rumah yang sangat sempit itu, juga dindingnya sudah hampir seluruhnya lapuk di makan rayap.

“Memang sudah tidak layak huni,” ujarnya.

Mantan Kapolsek KP3 Pantoloan itu menjelaskan bahwa, bedah rumah itu dilakukan dengan membongkar rumah lama keseluruhan, dan kemuadian pihaknya bersama dengan warga kembali mendirikan bangunan baru. Luas bangunan rumah yang semula ukuran 6 x 3 meter dengan satu kamar tidur dan ruang keluarga, menjadi ukuran 6 x 7 meter dengan 2 kamar tidur, ruang tamu, dan ruang keluarga.

“Sebenarnya sih bukan perbaikan rumah, tapi kami bisa dibilang membangun kembali rumah tersebut, dengan mengganti semua bagian dari rumah tersebut, mulai dari bagian atap, dinding hingga lantai,” jelasnya.

Kaposek Batui mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Banggai AKBP Budi Priyanto SIK,M.Si, serta kepada anggota Polsek Batui yakni Aipda Azhar, yang bertugas sebagai Babinkamtibmas Desa Ondo Ondolu, yang telah membantu Kapolsek Batui dalam kegiatan bedah rumah dan begitu juga dengan anggota lainnya serta warga masyarakat Kelurahan Lamo yang membantu proses pengerjaan bedah rumah sehingga terlaksana hanya tiga hari saja.

“Giat bedah rumah adalah bentuk kepedulian Kapolsek Batui dan anggota Polsek Batui kepada warga masyarakat yang kurang mampu, ekonomi lemah, cacat, sakit kronis, janda, duda dan yatim piatu yang ada di Kecamatan Batui, dengan harapan dapat membantu meringankan beban mereka dan bisa tinggal di rumah yang lebih layak untuk ditempati,” tuturnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas