Home Olahraga

Gateball Masih Ngotot Dipertandingkan di PON XX Papua

93
ILUSTRASI - Gateball. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Pengurus Besar (PB) Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) masih terus memperjuangkan agar cabang olah raga (cabor) tersebut bisa diperlombakan dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang bakal digelar di Papua pada 2021 mendatang.

Upaya meloloskan gateball di ajang multi even nasional itu,  dibahas dalam rapat daring (meeting virtual) yang dilakukan  Selasa (26/05/2020) malam. Rapat  diikuti langsung  Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pergatsi Pudja Sumedi serta para pengurus Pergatsi dari berbagai daerah se-Indonesia.

Menurut Sekretaris Pergatsi Sulteng, Darmawangsa, dalam rapat itu PB Pergatsi membahas berbagai hal, terutama terkait keikutsertaan cabor tersebut di PON XX Papua. Beberapa waktu lalu, sejumlah cabor memang dicoret dari perlombaan yang bakal digelar pada PON XX, termasuk cabor Pergatsi.

“Diharapkan PB Pergatsi tetap memperjuangkan cabor gateball tetap dipertandingkan pada PON XX tahun 2021 di Papua,” ungkap Darmawangsa, kepada Metrosulawsi, Rabu (27/05/2020).

Namun begitu, kata dia, jika cabor gateball tetap tidak dipertandingkan pada PON XX 2021, maka iven Kejuaraan Nasional (Kejurnas) masih akan dilaksanakan.

Selain itu, PB Pergatsi juga,  akan menyusun pedoman permainan gateball. Penyusunan pedoman permainan masih dipenfding karena merembaknya pandemic Covid-19.

PB Pergatsi juga mengingatkan bagi Pengurus Provinsi (Pengprov) Pergatsi yang sudah menerima bantuan sosial (bansos) berupa APD dari Kementerian Pemuda dan Olahraga segera memasukan laporan ke PB Pergatsi.

“Bagi pengurus Pergatsi Kabupaten dan Kota yang sudah habis masa kepengurusannya segera mengadakan Muskab atau Muskot. Bagi yang sudah melaksanakan, segera dilakukan pelantikan kepengurusan yang baru” pinta Darmawangsa, sembari menambahkan pelantikan kepengurusan dilakukan melalui virtual meeting.

Reporter: Tahmil Burhanuddin

Ayo tulis komentar cerdas