Home Sulteng

Kesembuhan Pasien Covid-19 Menggembirakan

74
PENANGANAN CORONA - Sekdaprov HM Hidayat Lamakarate (kiri) memimpin rapat bersama Kadis Kesehatan Sulteng Reny Lamadjido dan Kepala BPBD Provinsi Bartholomeus Tandigala di ruang kerja Sekdaprov, Selasa 26 Mei 2020. (Foto: Humas Pemprov)
  • Sekdaprov Minta, Rapid Test Massal di Kota Palu

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Provinsi Sulteng Gugus Tugas Covid-19 bekerja sama dengan Gugus Tugas Covid-19 Kota Palu akan melakukan Rapid Test secara massal di Kota Palu. Demikian antara lain disampaikan Sekdaprov Sulteng HM Hidayat Lamakarate saat rapat bersama Kepala Dinas Kesehatan dr. Reny Lamadjido, Sp.PK, M.Kes, dan Kalak BPBD Provinsi Dr. Bartholomeus Tandigala , CES di ruang kerjanya, Selasa 26 Mei 2020.

Terkait rencana rapid test massal itu Hidayat meminta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng selaku wakil sekretaris Gugus Tugas Covid mempersiapkan kegiatan tersebut dengan baik.

“Kita harus pastikan minggu ini kita sudah lakukan Rapid Test di Kota Palu,” katanya.

Kadis Kesehatan Sulteng Reny Lamadjido menyampaikan, kemajuan percepatan kesembuhan pasien Covid-19 sangat mengembirakan. Pihaknya mendorong kabupaten dan kota melakukan rapid test massal. Dia menyebutkan Kabupaten Buol dan Kabupaten Tolitoli, saat ini melakukan rapid test untuk 90 orang di Buol dan 80 Orang di Tolitoli.

Kadis Kesehatan menyampaikan bahwa beberapa daerah di Sulteng seperti Poso, Kota Palu dan Buol sudah masuk daerah penyebaran dalam transmisi lokal.

Sekdaprov meminta agar Dunas Kesehatan memastikan penanganan pasien Covid-19 di Buol dan Tolitoli berjalan dengan baik dan mempercepat hasil rapid test yang dilakukan di daerah tersebut. Dia juga meminta kadis kesehatan agar hasil rapid test positif di Kabupaten Balut segera dilakukan swab test untuk dikirim ke provinsi untuk memastikan apakah yang bersangkutan positif Covid-19.

Rapat tersebut juga membahas penanganan bencana banjir di beberapa daerah di Sulteng. Kepala BPBD Provinsi Sulteng Bartholomeus Tandigala menyampaikan bahwa bencana banjir sudah tertangani dengan baik dan dipastikan kehadiran Pemerintah Pronvisi di lokasi bencana.

Sementara itu, data yang diperoleh dari Pusdatina Covid-19 Sulteng, Selasa 16 Mei 2020, jumlah positif Covid-19 di Sulteng sebanyak 120 orang. Dari jumlah itu, pasien yang berhasil sembuh sebanyak 48 orang, ada ketambahan dua orang dari data sebelumnya.

Juru Bicara Pusdatina Covid-19 Sulteng, Haris Kariming mengatakan, orang dengan status orang dalam pemantauan (ODP) hingga Selasa tercatat 266. Sebanyak 21 orang selesai masa ODP dan dinyakan sehat. Sedangkan PDP (pasien dalam pengawasan) sebanyak 19 orang, satu orang selesai PDP dan dinyatakan negatif.

Dari Jakarta, Juru bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan hingga Selasa pukul 12.00 WIB jumlah pasien sembuh dari Covid-19 bertambah 235 orang hingga total menjadi 5.877 orang.

“Sedangkan pasien meninggal bertambah 27 orang total menjadi 1.418 orang,” kata Yurianto dalam jumpa pers di Graha BNPB yang dipantau melalui akun Youtube BNPB Indonesia di Jakarta, Selasa 26 Mei 2020.

Yurianto mengatakan jumlah pasien dalam pengawasan yang masih diawasi 12.022 orang dan orang dalam pemantauan yang masih dipantau 65.748 orang.

Data menunjukkan jumlah terkonfirmasi atau positif Covid-19 hingga Selasa bertambah 415 orang menjadi 23.165 orang.

Seluruh provinsi di Indonesia telah terpapar Covid-19, sedangkan kabupaten/kota yang terdampak sebanyak 406 kabupaten/kota.

Pemerintah telah melakukan pemeriksaan tes PCR dan tes cepat molekuler terhadap 264.098 spesimen dari 188.302 orang dengan konfirmasi positif 23.165 kasus dan negatif 165.137 kasus.

Yurianto mengingatkan masyarakat untuk membiasakan diri dengan norma normal yang baru, yaitu perilaku hidup bersih dan sehat yang selama ini sudah dilakukan.

“Biasakan untuk disiplin mencuci tangan dengan sabun, disiplin menggunakan masker, disiplin menjaga jarak, disiplin tetap dirumah, disiplin tidak melakukan perjalanan dan tidak mudik,” katanya. (ril/din/ant)

Ayo tulis komentar cerdas