Home Poso

Kepala Inspektorat Poso: Silakan Warga Awasi ADD

127
Abram Sigilipu. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)

Poso, Metrosulawesi.id – Inspektorat Daerah Kabupaten Poso meminta masyarakat setempat untuk mengawasi penggunaan dana desa (DD) yang diterima masing-masing wilayah.

Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Poso, Abram Sigilipu mengatakan selain mengawasi penggunaan DD serta alokasi dana desa (ADD) yang diterima, warga juga dipersilakan melaporkan dugaan penyimpangan penggunaannya ke aparat penegak hukum.

“Jika menemukan atau mengetahui adanya dugaan penyelewengan DD dan ADD masyarakat bisa melaporkannya secara resmi kepada aparat baik ke polres, kejaksaan maupun ke inspektorat,” ujar dia.

Laporan dugaan penyimpangan DD dan ADD saat ini kata dia, sudah bisa ditangani oleh inspektorat selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Hal ini setelah dilakukan penandatanganan kerjasama dengan pihak kepolisian dan kejaksaan dalam penanganan pengaduan masyarakat, sehingga setiap informasi atau pengaduan resmi masyarakat akan mereka tindaklanjuti.

Penandatangan kerjasama atau MoU dengan lembaga penegak hukum ini dilakukan pihaknya sejak tahun lalu, di mana setiap pengaduan dari masyarakat akan mereka komunikasikan dan tindaklanjuti asalkan laporannya disampaikan secara langsung bukan melalui media sosial yang sulit dipertanggungjawabkan.

“Pengaduan dibuat secara resmi dengan mencantumkan identitas pelapor yang jelas. Kemudian indikasi yang dilaporkan juga harus mendekati kebenaran dengan adanya bukti pendukung. Untuk identitas dan alamat pelapor akan kami lindungi,” terangnya.

Selain konsen pada ADD maupun DD, katanya, pihaknya fokus pada SKPD dalam hal ini perjalanan dinas yang mungkin saja terjadi selisih harga pertanggung jawaban.

“Sekecil apapun hasil temuan atau ada indikasi kerugian negara, maka Inspektorat segera menindaklanjuti. Kalaupun berlanjut hingga sidang TPTGR, tentunya akan ada pengembalian dari kerugian negara tersebut,” tegas Abram.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas