Home Sulteng

Kemenag Perpanjang Pelunasan BPIH Tahap II

59
H Arifin. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulteng, H. Arifin, mengatakan, pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 1441 H/2020 M tahap II, telah berakhir pada 22 Mei 2020 kemarin.

“Namun secara nasional jumlah kuota yang masih tersisa berjumlah 13.049 orang, atau 54 persen dari kuota yang disiapkan pada tahap ke II.  Oleh karena itu, Ditjen PHU Kemenag RI, kembali memperpanjang masa pelunasan tahap ke II ini mulai tanggal 22 hingga 29 Mei  2020,” ujar Arifin, melalui ponselnya, belum lama ini.  

Arifin mengungkapkan, khusus jemaah Sulteng sendiri telah melunasi pada tahap pertama sebanyak 1.664 orang,  dan jemaah yang melunasi ditahap ke II sebanyak 285 orang atau 54,8 persen. Sehingga total  jemaah yang melunasi ditahap pertama dan kedua sebanyak 1.949 orang,  atau 97 persen dari jumlah kuota haji Sulteng, yaitu 1.993 orang.

“Kepada masyarakat yang namanya telah ditetapkan berhak lunas pada tahap pertama dan kedua agar kembali melakukan pelunasan. Perpanjangan ditahap kedua ini diperuntukan kembali kepada petugas haji daerah yang tahap pertama dan tahap kedua belum melakukan pelunasan, karena kendala penetapan dari menteri agama belum terbit,” kata Arifin.

“Insya Allah petugas haji daerah yang belum sempat melunasi itu diberikesempatan melunasi pada masa perpanjangan ini,” ungkapnya.

Arifin juga mengimbau, kepada jemaah haji cadangan yang belum terlunasi pada tahap kedua, diharapkan untuk segera melakukan pelunasan. Karena menurut dia, biasanya dalam masa operasional haji ada saja jemaah yang batal berangkat.

“Oleh karena itu jemaah cadangan yang sudah ditetapkan segera melakukan pelunasan, sehingga nanti apabila melakukan pelunasan, peluang untuk mengisi kekosongan kuota Sulteng itu terbuka untuk mereka yang telah melunasi BPIHnya,” ujarnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas