Home Buol

Palu dan Buol Zona Merah

256
ILUSTRASI - Covid-19. (Grafis: Ist)
  • Sulteng Tidak Ada Zona Hijau

Palu, Metrosulawesi.id – Hasil analisis tim kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, menyebutkan untuk Wilayah Sulawesi Tengah tidak ada zona hijau. Hasil analisis tersebut terungkap saat digelarnya rapat koordinasi Pemerintah Sulteng dengan  tim kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Sulteng.

Pada rakor itu, selain membahas tentang wilayah zona  pandemic Covid-19, juga dibahas tentang  wilayah zona di Sulawesi Tengah.

Sebagaimana diketahui, merembaknya pandemic Covid-19 ini,  Indonesia dibagi empat wilayah zona. Diantaranya, zona hijau adalah   negara atau wilayah tanpa kasus yang dikonfirmasi, atau tanpa ada pelancong yang terinfeksi yang datang dari negara/wilayah lain. Zona Kuning;  Negara atau daerah dengan beberapa kasus penularan lokal, tetapi tanpa kelompok penularan komunitas.

Sementara zona orange, yakni negara atau wilayah yang berdekatan dengan Zona Merah atau dengan kelompok kecil, dan zona merah, yakni negara atau wilayah yang telah mempertahankan transmisi komunitas.

Lantas di Sulteng? Juru  bicara Pusdatina Covid-19 Sulteng, Haris Kariming, menyebutkan, wilayah zona merah  adalah Kota Palu dan Kabupaten Buol. Zona orange masing-masing Kabupaten Sigi, Poso, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Kepulauan serta Kabupaten Tolitoli.

Sementara wilayah zona kuning, terdapat empat wilayah yakni Kabupaten Donggala, Tojo Una-una, Banggai Laut dan Parigi Moutong,

Dari empat wilayah zona itu, zona kuning bias melaksanakan Sholat Idul Fitri berjamaah dengan  kaidah disiplin Covid-19, yakni  jarak saf jamaah sholat satu  meter, tetap pake masker dan cuci tangan di depan masjid, serta  pengawasan ketat tenaga kesehatan, Polri-TNI.

Penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan Sholat Ied, menjadi tanggungjawab panitia masjid atau panitia penyelenggara Sholat Ied berjamaah. (*)

Reporter: Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas