Home Ekonomi

Transaksi Tebus Pegadaian Syariah Naik 2,5%

137
Kantor Pegadaian Syariah Cabang Palu Plaza dipenuhi nasabah menjelang hari raya idul fitri. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Menjelang hari raya idul fitri 1441 hijriah, tren dari transaksi tebus nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Palu Plaza meningkat dengan kenaikan sekitar 2,5%.

“Tahun ini memang biasanya banyak orang menebus karena mereka gunakan untuk lebaran. Tapi, kita juga himbau kepada masyarakat jika butuh dana langsung saja ke Pegadaian Syariah,” jelas Pimpinan Pegadaian Syariah Cabang Palu Plaza, Wagiman, Rabu (13/5/2020).

Ia mengungkapkan untuk saat ini ditengah pandemi harga taksiran emas mengalami kenaikan kurang lebih sekitar 5%. Oleh karena itu, ia menyebutkan pinjaman bagi nasabah juga bisa dinaikkan.

“Lumayan untuk nasabah yang termasuk gadaian lama dengan kami, mereka akan dapat dana sesuai yang diinginkan kebutuhan lebaran,” katanya.

Diungkapkannya, awal ramadan tingkat gadai dari pelaku usaha kecil cukup meningkat. Begitu pun dana yang mereka butuhkan sangat beragam mulai jutaan bahkan ada sampai ratusan juta.

“Di sini bukan hanya program Gadai, namun ada beberapa jenis program yang ditawarkan ke masyarakat,”ungkapnya.

Sementara itu, terkait dengan pemberian relaksasi kepada nasabah terdampak Covid 19. Pegadaian Syariah tetap mengacu pada kebijakan OJK Nomor 11 tahun 2020.

“Untuk nasabah yang mengajukan relaksasi di Pegadaian Syariah juga terbilang juga cukup banyak. Kalau data UMKM yang melaporkan dipegang oleh bagian mikro Pegadaian Area Palu,” katanya.

Menurutnya, Pegadaian Syariah dan konvensional terkait hal tersebut saat ini lebih selektif dalam menentukan keputusan bagi nasabah. Dimana harus melakukan berbagai proses salah satunya assement usaha nasabah.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas