Home Sulteng

Pejabat Tinggi Kemenag Sulteng Ikuti Seleksi CAT

SEBELUM UJIAN - Salah satu peserta sebelum mengikuti ujian CAT di kantor UPT BKN Donggala di Palu, belum lama ini. (Foto: Humas)
  • Seleksi CAT Digelar Sesuai Protokol Kesehatan

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak tiga pejabat pimpinan tinggi (JPT) madya atau setingkat eselon I dan eselon II dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah, mengikuti seleksi jabatan yang digelar oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara serentak, Selasa, 12 Mei 2020 kemarin.Pelaksanaan seleksi khusus di Sulteng itu digelar dengan menggunakan sistem Computer Asisted Test (CAT) di kantor UPT BKN Donggala di Palu.

Menurut Kepala Subbagian Kepegawaian Kemenag Sulteng, Mohammad Djamil, seleksi yang menggunakan sistem CAT itu dilaksanakan pada 29 lokasi yang tersebar di 29 Provinsi.

“Lokasi tersebut berada di Kanwil Kemenag provinsi, Kantor Pusat BKN, Kantor regional BKN provinsi, dan UPT BKN yang ada pada sejumlah provinsi,” katanya.

Kata dia, masing-masing mengikuti formasi Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Maluku. Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, dan Kepala Biro Admnistratsi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan IAIN Ternate.

“Khusus untuk peserta harus hadir 60 menit sebelum CAT itu dimulai pada pukul 10.00 wita. Selain itu, peserta ujian harus menyerahkan surat tugas dan juga membawa surat keterangan sehat Covid-19 dari instansi berwenang,” jelasnya.

Kata Djamil, pelaksanaan tes CAT ini mengikuti protokol kesehatan, seperti mencuci tangan dengan sabun, menyanitasi tangan sebelum masuk ruangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

“Alhamdulillah ujiannya berjalan lancar. Dalam ujian peserta diberikan waktu 45 menit untuk menjawab 60 urutan soal. Dari hasil tes CAT nanti, dipilih enam orang peserta dari tiap formasi untuk mengikuti tahapan berikutnya,” ujarnya. 

Djamil mengatakan, peserta akan melalui beberapa seleksi, diantaranya penulisan makalah, seleksi kompetensi dengan assesment center BKN, tes kesehatan, dan wawancara akhir. 

Kepala BKN Donggala di Palu, Supardi, sebelumnya sudah mengungkapkan bahwa dalam masa pandemi Covid-19, pihaknya hanya melaksanakan ujian penyesuaian jabatan tinggi bagi ASN Kemenag Sulteng. Pelaksanaan ujian dipastikan menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

“Rencana ada ujian jabatan tanggal 12 Mei, tapi hanya diikuti 4 orang saja se-Sulteng,” tandas Supardi.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas