Home Sulteng

Lewati Banjir, Gubernur Beri Bantuan Warga Sungku

199
LEWATI BANJIR - Mobil rombongan Gubernur melewati banjir saat menuju Desa Sungku, Kecamatan Kulawi Raya, Kabupaten Sigi, Selasa 12 Mei 2020. (Foto: Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Provinsi Sulteng menyalurkan bantuan kepada warga korban banjir di Desa Sungku, Kecamatan Kulawi Raya, Kabupaten Sigi, Selasa 12 Mei 2020. Bantuan diserahkan langsung Gubernur H Longki Djanggola bersama Bupati Sigi Moh Irwan Lapata.

Iringan-iringan mobil rombongan Gubernur dan Bupati Sigi harus berjuang melewati arus banjir yang masih meluap dan menggerus ruas jalan di Desa Omu sepanjang 250 meter. Walau berisiko Gubernur Sulteng dan rombongan berhasil melewati rintangan tersebut, kemudian bertemu dengan masyarakat Desa Sungku yang sudah menunggu kedatangan Gubernur dan rombongan.

Gubernur didampingi Bupati Sigi, Kadis Sosial Sulteng H Ridwan Mumu, Kepala BNPB Sulteng Bartholemeus Tandigala, Kepala Biro Humas dan Protokol Moh Haris Kariming menyerahkan bantuan sebanyak 2 ton beras kepada masyarakat Desa Sungku. Gubernur meminta Bupati Sigi melalui Kadis Sosial Sigi agar bantuan beras tersebut agar dapat didistribusi dengan baik kepada masyarakat.

Gubernur juga meminta kepada camat  Kulawi Raya, kepada Desa Sungku dan tokoh masyarakat agar dapat melarang masyarakat untuk tidak merambah hutan dan melakukan Illegal logging.

“Terapkanlah hukum adat dengan baik dan berikan sanksi adat dan sanksi hukum sesuai ketentuan kepada yang melakukan Illegal logging agar tidak terjadi lagi banjir,’’ kata Gubernur.

Pada Kesempatan itu Gubernur didampingi Bupati Sigi Irwan Lapata dan rombongan meninjau fasilitas yang rusak. Gubernur Gubernur meminta Kabid Binamarga Sulteng agar dapat segera memperbaiki fasilitas yang rusak akibat terjangan banjir. (*)

Reporter: Syahril Hantono
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas