Home Donggala

Warga Filipina Terdampar di Boneoge Donggala

614
WNA asal Filipina saat diamankan di Puskesmas Kelurahan Boneoge sebelum diantar ke rumah sakit Undata Palu. (Foto: Ist)

Donggala, Metrosulawesi.id – Warga Kelurahan Boneoge Kecamatan Banawa Sabtu 9 Mei 2020, dihebohkan dengan ditemukannya warga negara asing (WNA) yang terdampar di perairan Sulawesi Tengah.

“Hendra, teman nelayan yang temukan pak. Sekarang sudah dibawa ke rumah sakit di Palu,” kata warga Mario.

Terpisah, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) wilayah kerja Donggala Arie Rantie yang dikonfirmasi membenarkan adanya warga asing yang terdampar di Kelurahan Boneoge.

“Sekitar pukul 08.32 Wita ada informasi  dari Kakansar Palu berisikan ada ABK (anak buah kapal) KM MV Wakashio lompat dari kapal di perairan sebelah barat Sulawesi atas nama Rainer Kho,”katanya.

“Seorang pria warga asal Filipina namanya Rainer Kho (42 tahun) lompat dari kapal tempatnya bekerja. Kebangsaan Filipina dan terdampar di perairan kelurahan Boneoge, selanjutnya kami berkordinasi dengan tim covid-19 puskesmas Donggala untuk melakukan tes kesehatan. Hasilnya suhu tubuhnya 38,5 (mungkin pengaruh dehidrasi), setelah itu kami KKP membawa WNA ini ke rumah sakit Undata Palu dengan protokol covid-19,” sebutnya.

Ari menambahkan dari komunikasi dengan WNA diperoleh keterangan bahwa Rainer Kho melakukan aksi nekatnya lompat dari kapal karena ada permasalahan (tekanan).

“Ia lompat menggunakan pelampung, dan kurang lebih dua hari mengapung di perairan sehingga ditemukan oleh nelayan bernama Hendra,” tutupnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas