Home Palu

Unisa Palu: Kuliah Online Diperpanjang Hingga 1 Juni

189
Dr Umar Alatas. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Rektor Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, Dr Umar Alatas, mengungkapkan, kuliah online kembali diperpanjang hingga 1 Juni 2020, kebijakan itu dikeluarkan setelah melihat kondisi dan perkembangan Covid-19 di Sulawesi Tengah. Perpanjangan waktu kuliah online itu dituangkan dalam Surat Edaran Rektor Unisa Nomor: 127.A/SE/UA/IV/2020.

Selain itu, Umar menekankan, setiap dosen melaporkan pelaksanaan kuliah tatap muka via daring ke portal http://laporspada.lldikti9.id, begitupun ke pengelolah fakultas sebagai bukti terjadinya perkuliahan tatap muka.

“Kuliah secara daring itu harus dilaporkan, karena pelaporan itu sebagai bukti bahwa ada proses perkuliahan secara daring,” kata Umar, belum lama ini.

Umar juga berharap, pimpinan fakultas melalui program studi tetap melakukan evaluasi terkait perkuliahan yang dilakukan oleh dosen ke mahasiswa, hal tersebut untuk memastikan kualitas perkuliahan tetap berjalan sebagaimana diharapkan.

“Yang tidak kalah penting, pimpinan fakultas tetap memberikan dukungan kepada para dosen untuk dapat menyelenggaranakan pembelajaran daring itu,” ujarnya.

Umar mengatakan, surat edaran yang dikeluarkan itu tetap mengacu pada surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam hal ini Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi tentang Masa Belajar Penyelanggaraan Program Pendidikan tertanggal 31 Maret 2020, termasuk di dalamnya Standar Operasional (SOP).

“Jika ujian skripsi tidak dilakukan secara daring, maka bisa dilakukan secara langsung tetapi  harus memperhatikan ketentuan kesehatan yang sudah dikeluarkan oleh instansi terkait.  Proses itu semua ada standarnya, sesuai ketentuan yang ada,” katanya.

Begitupun kata Umar, jika nantinya kondisi ini tidak berubah, kemungkinan besar ujian semester dalam waktu dekat akan dilaksanakan melalui daring.

“Namun kita akan tetap melihat perkembangan kondisi yang ada, besar harapan kita kondisi ini cepat pulih, sehingga semua proses akademik bisa berjalan normal, kembali sebagaimana biasanya,” harapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas