Home Palu

Dakwah Ramadan Muhammadiyah Tetap Eksis Lewat Radio

140
Dr Rajindra. (Foto: Ist)
  • Safari Ramadan Ditiadakan

Palu, Metrosulawesi.id – Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Dr Rajindra, mengatakan,  program Safari Ramadan Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sulawesi Tengah dan Unismuh pada Ramadan1441 H kali ini dialihkan ke program siaran radio milik Unismuh.

Hal itu dilakukan, kata Rajindra, sebagai wujud ketaatan atas imbauan pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat, sekaligus ketaatan atas maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

“Dengan adanya imbauan pemerintah, mengalihkan semua kegiatan ibadah dari masjid ke rumah, termasuk sholat tarawih, maka PW Muhammadiyah Sulteng dan Unismuh Palu tidak melakukan Safari Ramadan. Namun dakwahnya tetap jalan dengan menggunakan saluran radio yang kami miliki,” jelas Rajindra, belum lama ini.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Rajindra emngungkapkan, PW Muhammadiyah Sulteng bersama Tim Dai Unismuh Palu terun ke pelosok-pelosok daerah, selain menemui kader-kader Muhamnmadiyah yang ada di daerah, juga sekaligus melakukan siar dakwah dari masjid ke masjid. Hal itu telah menjadi program rutin PW Muhammadiyah bersama Unismuh Palu. Namun dengan adanya pandemi Covid-19, program tersebut dihentikan.

“Kader dan masyarakat tetap bisa mendapatkan siraman rohani (dakwah) melalui siaran radio, prinsipnya dakwah tetap jalan, hanya saja polanya kali ini berbeda, kali ini melalui siaran radio,” katanya.

Selama ini, kata Ranjindra, radio tersebut selain sebagai media dakwah, juga sekaligus sebagai sarana pelatihan (praktik) penyiaran bagi mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) pada Fakultas Agama Islam, sebagai bekal ilmu dan keterampilan berkomunikasi untuk kepentingan syi’ar Islam (dakwah).

“Olehnya, mahasiswa KPI tidak hanya mendalami Al-Quran dan Al-Hadits sebagai dua sumber utama ajaran Islam, namun juga mempelajari keterampilan komunikasi, terutama  jurnalistik dan penyiaran (broadcasting),” ujarnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas