Home Hukum & Kriminal

Polisi Tangkap Pencuri Spesialis Bongkar Rumah

164
DIAMANKAN - Para pelaku pencurian, yang berhasil diamankan polisi. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepolisian Sektor (Polsek) Palu Timur, Polres Palu, berhasil mengamankan tiga orang terduga pelaku kasus pencurian yang disertai dengan pemberatan (curat), jaringan spesialis bongkar rumah, yang kerap beraksi di Kota Palu. Dua diantaranya terpaksa ditembak karena melakukan perlawanan.

Kapolsek Palu Timur AKP La ata.SH, dalam keterangan persnya, Senin, 27 April 2020, mengatakan, ketiga orang pelaku yang berinisial HB (31), ES (30), dan MT, diamankan petugas saat menggelar razia operasi pekat Tinombala 2020, di Jalan RE Martadinata Palu, Sabtu, 25 April 2020.

Dalam razia tersebut, pihak kepolisian awalnya mengamankan HB, yang saat itu mengendarai kendaraan roda dua yang tidak dilengkapi surat. Saat dilakukan penggeledahan, petugas menemukan benda yang mencurigakan, seperti sebilah badik, kunci L, obeng dan linggis kecil yang sudah dimodifikasi, serta uang tunai Rp 871.000.

“Dari hasil interogasi, pemuda HB menjelaskan bahwa telah melakukan pencurian barang elektronik di wilayah hukum Polsek Palu Timur. Adapun barang sesuai pengakuan lelaki HB bahwa dia melakukan pencucian di wilayah hukum Polsek Palu Timur bersama rekannya ES, dan hasil curian diserahkan pada MT, ” ungkap Kapolsek Palu Timur.

Mendapat informasi tersebut, pihak kepolisian langsung melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan MT di Kelurahan Poboya. MT sendiri merupakan penadah barang curian, dan beberapa jam setelanya petugas mengamankan satu tersngka lainnya yakni ES yang tinggal di wilayah Kelurahan Pantoloan.

“Saat dilakukan pendalaman lebih lanjut, HB mengaku telah melakukan pencurian di Jalan Raja Moili, Kota Palu bersama rekannya ES, dan berhasil mencuri 3 unit hp beserta uang tunai sejumlah Rp14.000.000, dan beberapa tempat lainya di wilayah Kota Lalu. Penadah MT juga mengakui bahwa telah beberapa kali melakukan penjualan barang hasil curian HB dan ES,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas