Moh Risal Damsud. (Foto: Dok)
  • Pengadaan Server Cetak KK dan Akta Kelahiran

Palu, Metrosulawesi.id – Sulawesi Tengah mendapat bantuan dari Unicef berupa server untuk pencetakan Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran. Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulteng, Moh Risal Damsud, mengatakan server tersebut ditempatkan di sejumlah titik di Kota Palu, Sigi, dan Donggala.

“Untuk wilayah Kota Palu berada di kantor Keluarahan Tipo dan Puskesmas Kawatuna,” ujar Risal, Senin, 20 April 2020.

Dia mengatakan untuk wilayah Sigi ditempatkan di Rumah Sakit Tora Belo dan Desa Padende. Sementara di Kabupaten Donggala ditempatkan di Kelurahan Gunung Bale dan Wani.

Bantuan tersebut diberikan Unicef untuk menggenjot kepemilikan KK dan Akta Kelahiran di tiga wilayah tersebut. Itu karena kepemilikan KK dan Akta Kelahiran di Sulteng sampai saat ini baru diangka 83 persen. Padahal target nasional untuk Sulawesi Tengah ditetapkan 87,5 persen.

Atas dasar tersebut Unicef yang konsen terhadap pemenuhan hak-hak anak terpanggil membantu Sulteng. Unicef dikatakan telah melatih petugas (operator) yang akan mengoperasikan server untuk pencetakan KK dan Akta Kelahiran.

“Semua operator sudah selesai mengikuti pelatihan, kita tinggal mau pelaksanaan,” ucap Risal.

Namun, pelaksanaan dimaksud belum dilakukan karena masih pandemi virus corona (Covid-19). Padahal Unicef kata Risal sudah merencanakan untuk launching bantuan tersebut pada Juni 2020.

“Karena wabah Covid ini, launching kerjasama kami dengan Unicef terpaksa ditunda,” kata dia.

Risal menuturkan dengan adanya bantuan dari Unicef, masyarakat nantinya tidak perlu lagi ke Kantor Disdukcapil untuk pelayanan KK dan Akta Kelahiran. Masyarakat disilakan mendatangi tempat pelayanan yang telah ditentukan.

“Jadi masyarakat nanti cukup datang ke tempat yang telah ditentukan, bawa berkas, operator akan bantu pencetakan KK dan Akta Lahir,” pungkas Risal.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas