Home Palu

Renovasi Laboratorium untuk Penempatan PCR

dr Herry Mulyadi. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Plt Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura Palu, drg Herry Mulyadi, mengatakan, Pemerintah Kota Palu menganggarkan sebanyak Rp250 juta untuk merenovasi laboratorium RSU Anutapura.

“Laboratorium yang direnovasi itu untuk ditempatkan alat PCR atau pemeriksa cepat sampel pasien yang terpapar virus corona (Covid-19),” kata Herry, saat dihubungi Metrosulawesi, Minggu, 19 April 2020.

Kata Herry, rehab ruang laboratorium itu saat ini sementara berjalan, dan PCR itu sudah ada di Palu, dan Insyaallah Pemerintah Kota Palu ataupun pihak rumah sakit dapat lebih maksimal mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Terkait dengan alat tambahan yakni cartridge yang dibutuhkan ternyata dari pusat mau bantu, sehingga Pemerintah Kota Palu tinggal menyiapkan tempat steril,” ujarnya.

Menurutnya, laboratorium yang disiapkan itu harus memenuhi standar atau ketentuan Dinas Kesehatan. Jika memenuhi syarat, maka lab itu akan dioperasikan untuk memeriksa sampel Covid-19.

“Dengan adanya lab pemeriksaan sampel Covid-19, kita lebih mudah melakukan langkah-langkah strategis untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 itu,” ungkapnya.

Kata dia, beberapa waktu lalu, Wali Kota Palu telah memantau renovasi laboratorium tersebut, dan meminta percepatan renovasinya.  

Ditanya soal kondisi kesehatan pasien positif, Hery mengatakan, pada dasarnya kondisi mereka atau keluarga W dan anaknya dalam keadaan baik.

“Sementara itu untuk jumlah keseluruhan pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di ruang isolasi masih tetap jumlahnya 10 orang, mereka juga masih menunggu hasil swab test dari Makassar,” katanya.

“Kondisi kesehatan pasien yang positif itu cukup bagus keadaan umumnya, tidak seperti ibunya kemarin sesak nafas, mereka yang positif ini adalah keluarga W serta anaknya. Untuk sampel swab test kedua kalinya baru dikirim kemarin ke Makassar, kemungkinan sebentar ini atau besok hasilnya sudah ada,” jelasnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas