Kapolres Palu, AKBP. H.Moch Sholeh, S.IK. (Foto : Metrosulawesi/ Djunaedi)
  • Kapolres Palu: Sudah Saatnya Tindakan Tegas

Palu, Metrosulawesi.id – Ini peringatan terakhir bagi anda yang keluar rumah, tapi tidak memakai masker. Mulai hari ini, Senin 20 April 2020, polisi akan menindak tegas mereka yang berada di luar rumah tanpa masker.

Kapolres Palu, AKBP Moch Sholeh SiK, mengatakan, pihaknya akan melaksanakan patroli, dan apabila menemukan masyarakat yang keluar berkumpul tidak menggunakan masker, akan disanksi semprot air, menggunakan kendaraan water canon.

“Sasaran patroli tersebut, pengendara sepeda motor, pengemudi roda empat atau lebih, serta tempat berkumpulnya masyarakat di wilayah Kota Palu,” kata Kapolres kepada Metrosulawesi, Sabtu 18 April 2020.

Tindakan tegas tersebut kata Kapolres sudah perlu dilakukan, karena menurut Gusus Tugas COVID-19, penyebaran virus corona di Kota Palu tidak lagi melalui transmisi lokal. Artinya penularannya bukan lagi karena dibawa orang dari luar daerah, melainkan sudah dari orang ke orang di Kota Palu.

“Inilah bukti langkah tegas yang harus kami lakukan untuk mendisiplinkan warga menggunakan masker bila keluar rumah, atau tetap di rumah, untuk mencegah agar penularan virus yang makin meluas bisa diminimalisir,” tegasnya.

“Saya meminta pengertian masyarakat agar selalu mengikuti anjuran pemerintah, tetap di rumah jika tidak ada keperluan penting, selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, jaga jarak, menghindari berkumpul-kumpul, dan selalu cuci tangan,” tegasnya.

Pantauan Metrosulawesi, Ahad 19 April 2020, personel dari Polsek jajaran yang ada di Kota Palu, sudah melaksanakan sosialisai dengan menggunakan kendaraan khusus berpengeras suara. Mereka mengimbau warga untuk menggunakan masker bila keluar rumah, dan menyampaikan terkait tindakan tegas yang akan dilaksanakan bila mendapati warga yang tidak menggunakan masker.

“Kami hari ini, Minggu 19 April 2020, melaksanakan kegiatan pemberitahuan kepada warga yang beraktivitas di luar, untuk menggunakan masker, dan memberikan peringatan bahwa mulai Senin 20 April, bila tidak menggunakan masker akan di semprot air, menggunakan Water Canon,” ucap Kapolsek Palu Barat, IPTU Umar SH, usai memberikan imbauan disekitar pasar Inpres Manonda Palu, Ahad 19 April 2020.

Reporter: Djunaedi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas